Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Pertamina Bangga Produk UMKM NTB Mendunia di Ajang MotoGP Mandalika

Kompas.com - 21/03/2022, 13:17 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang 18-20 Maret 2022, telah selesai. Gelaran internasional ini diyakini akan berdampak pada perekonomian nasional.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, mengapresiasi terlaksananya MotoGP Mandalika 2022 yang berjalan dengan baik. Terlebih antusias masyarakat tinggi dalam acara balapan ini, meski cuaca hujan deras sebelum pertandingan berlangsung.

"Kami merasa bangga dan senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan yang berjalan dengan baik dan sukses ini, meski tadi balapannya dalam cuaca hujan," ujar Nicke seperti dikutip dalam keterangannya, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Lebih Dekat dengan Piala MotoGP Mandalika yang Dibuat oleh Perajin Bali

Menurutnya, ajang MotoGP di Mandalika tersebut berdampak pada kebangkitan ekonomi, khususnya untuk kawasan NTB. Salah satunya, kebangkitan bagi para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Tentu dengan adanya kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia, dan tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi kita," kata dia.

Baca juga: Menaker soal MotoGP Mandalika: Masyarakat Indonesia Harus Bangga

Ia menjelaskan, sejak 3 bulan lalu Pertamina sebagai sponsor utama ajang tersebut, telah menyiapkan UMKM binaan untuk hadir dalam event MotoGP Mandalika. Perseroan pun telah mengkurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika, terutama aneka makanan dan minuman.

"UMKM kami menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, ada juga berbagai produk lokal seperti kopi, madu, kerajinan tangan dan juga tentunya souvenir khas Lombok yakni mutiara. Tentu ini jadi momen untuk UMKM di NTB bisa bangkit dan mendunia," ungkap Nicke.

Baca juga: Arus Balik Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan 59 Penerbangan Tambahan Hari Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com