Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Otorita IKN sambangi KPK, Ada Apa?

Kompas.com - 21/03/2022, 15:01 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bambang Susantono kali ini menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di sana, Bambang bilang, bagian dari komitmen OIKN untuk membentuk kelembagaan yang bertata kelola baik, bebas dari korupsi, dan mampu memberikan layanan prima dalam rangka mengemban tugas dalam melakukan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: Penjelasan Kepala Otorita IKN ke Kejaksaan Agung Soal Pembangunan IKN: Gedung Pemerintah Dibiayai APBN, Infrastruktur Oleh Swasta

OIKN juga nantinya sebagai penyelenggara pemerintahan daerah khusus IKN. Oleh karena itu, OIKN memandang perlu sejak awal berkoordinasi dalam membangun sinergi dengan KPK terutama di bidang pencegahan korupsi.


Baca juga: Link untuk Kirim Saran Penyusunan Aturan di IKN Nusantara

"OIKN perlu menyelaraskan dengan program KPK dalam membangun sistem birokrasi yang efisien, modern, cerdas, sehat, dan bebas korupsi. Baik dimulai dengan aspek regulasi yang baik, perencanaan dan/atau pelaksanaan kegiatan, sampai dengan evaluasi dan pengawasan serta pertanggungjawaban kegiatan guna memastikan kinerja yang baik dari OIKN, sesuai amanat UU IKN maupun harapan dari seluruh pemangku kepentingan dari OIKN," kata dia melalui keterangan pers tertulisnya, Senin (21/3/2022).

Baca juga: SoftBank Bantah Mundur dari Proyek IKN karena Politik, Alihkan Investasi untuk Bangun Sumbar

Bambang menambahkan, dalam hal persiapan, perencanaan dan hingga pelaksanaan pembangunan IKN, banyak hal yang perlu dilakukan dengan cepat dan bersifat masif atau berskala besar sekaligus dalam beberapa aspek kewenangan atau bidang yang perlu dilakukan berdasarkan UU IKN.

Hal itu kata dia, perlu diiringi dan selalu dikawal dengan pelaksanaan bertata kelola baik pada semua aspek yang diperlukan dalam rangka pembangunan IKN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com