Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Resign: Definisi, Alasan, dan Cara Mengajukannya

Kompas.com - 25/03/2022, 10:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Apa itu resign? Resign adalah istilah yang sudah akrab di telinga para karyawan. Sebagai serapan dari Bahasa Inggris, resign artinya berhenti atau mengundurkan diri dari pekerjaan.

Bagi banyak pekerja, resign adalah suatu keputusan yang sulit, terlebih apabila pekerjaan itu terbilang nyaman dan sudah ditekuni selama bertahun-tahun.

Seringkali, resign adalah pilihan terakhir. Walau sang karyawan tampaknya terlihat baik-baik saja, nyatanya ada lebih dari seribu alasan mengapa pada akhirnya seseorang memutuskan untuk resign.

Keputusan tersebut tentu bukan hal yang mudah, membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk meyakinkan diri sendiri hingga akhirnya siap untuk melangkah pergi.

Baca juga: Contoh Surat Resign dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Resign adalah kata yang sering dipakai oleh seorang pekerja yang sudah tidak nyaman lagi dengan pekerjaanya. Tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang masih berstatus level staff saja, bahkan atasan pun bisa resign dari pekerjaannya.

Faktor yang muncul bisa berasal dari dalam diri seseorang atau lingkungan yang tidak mendukung juga dapat dianggap memiliki pengaruh besar.

Resign adalah berbeda dengan PHK

Resign adalah tindakan pengunduran diri dari suatu pekerjaan secara sukarela. Jika perusahaan menyetujuinya, hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja pun akan berakhir.

Resign artinya berbeda dengan pemutusan hubungan kerja atau PHK. Di beberapa perusahaan, karyawan yang resign adalah seringkali tak diberikan kompensasi berupa pesangon sebagaimana korban PHK.

Ini karena resign adalah tindakan sukarela dari karyawan bersangkutan. Sementara PHK adalah keputusan yang diambil perusahaan, dan karyawan terpaksa harus menerimanya.

Baca juga: 7 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor serta Formatnya

Ilustrasi contoh surat resign kerja (resignation letter). Resign adalah hal umum dalam perusahaan. Resign artinya mundur secara sukarela.SHUTTERSTOCK Ilustrasi contoh surat resign kerja (resignation letter). Resign adalah hal umum dalam perusahaan. Resign artinya mundur secara sukarela.

Alasan resign kerja

Resign adalah hal yang sangat umum dialami seorang pekerja. Untuk bisa mempertahankan citra yang positif, pekerja harus menyiapkan alasan resign yang baik

Bagi pekerja yang pertama kali ingin resign kerja, pasti kebingungan memilih alasan resign yang baik supaya tidak dinilai buruk oleh perusahaan.

Berikut beberapa alasan resign yang baik yang bisa dijadikan referensi, yaitu:

1. Mendapatkan penawaran lain yang lebih baik

Yang paling umum, alasan resign adalah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Saat masih bekerja di suatu perusahaan, ada kalanya perusahaan lain datang memberikan tawaran kerja yang lebih baik. Hal ini bisa menjadi alasan resign yang baik dan justru dapat meningkatkan nilai jual seorang pekerja.

Jika perusahaan merasa membutuhkan pekerja tersebut, biasanya akan memberikan kenaikan gaji atau jabatan agar pekerja tidak jadi resign kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com