Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mau Beli Asuransi? Kenali Dulu Istilah Berikut!

Kompas.com - 26/03/2022, 10:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monica dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Memiliki asuransi, memiliki segudang manfaat yang dapat dinikmati. Hidup di tengah ketidakpastian, terlebih masih dengan ancaman virus Covid-19 membuat kita was-was akan masa depan.

Penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan asuransi hadir memberikan jawabannya.

Beragam jenis asuransi dapat dimiliki sesuai dengan manfaat yang Anda inginkan. Tak hanya menjamin diri sendiri, asuransi juga bisa menjamin keluarga dari kerugian finansial, jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda masih mempertanyakan waktu yang tepat untuk memiliki asuransi, maka jawabannya adalah sekarang. Pilih jenis perlindungan dan premi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Saat membeli asuransi, perhatikan juga istilah-istilah yang terdapat di dalamnya.

Jangan khawatir! Dion Rafael, seorang Insurance Advisor akan mengajak Anda berkenalan dengan istilah penting dalam asuransi dan bisa Anda dengarkan melalui siniar CUAN bertajuk “Arti Klaim? Begini Cara Klaim Asuransi”

Asuransi memiliki banyak istilah yang mungkin terdengar asing bagi orang awam, terlebih lagi banyak istilah yang masih berbahasa Inggris. Berikut istilah asuransi yang bisa Anda simak, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi.

Polis Asuransi

Polis asuransi adalah kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara penanggung asuransi (perusahaan) dengan nasabah pemegang polis.

Di dalamnya tertulis syarat dan ketentuan umum asuransi; rincian biaya premi yang harus dibayar, nama tertanggung, dan data pemegang polis. Perlu dicatat, tiap jenis asuransi tentu memiliki polis yang berbeda-beda.

Saat membeli asuransi, tentu Anda harus membaca dengan cermat polis asuransi yang didapat. Perhatikan akurasi data, manfaat asuransi, serta masa pertanggungan guna menghindari kesalahpahaman yang akan berpengaruh saat pengajuan klaim di kemudian hari.

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali Tahapan dan Istilah dalam Produk Asuransi

Tertanggung

Tertanggung adalah orang yang memperoleh jaminan kerugian dari penyedia asuransi. Gampangnya, yang dapat manfaatnya adalah yang tertanggung. Tertanggung bisa siapa saja seperti anak, istri, orangtua, karyawan, dan lain sebagainya.

Pemegang Polis

Pemegang polis ialah pihak yang mengetahui keseluruhan isi polis, dan telah terikat secara hukum terhadap perusahaan asuransi. Pemegang polis berhak mengubah isi polis sesuai syarat dan ketentuan yg berlaku.

Pembayar Premi

Pembayar premi adalah pihak yg membayar premi. Namun, yang tertanggung bisa saja berbeda. Contohnya, seorang ayah ingin mengambilkan asuransi untuk anaknya, maka yang tertanggung adalah anak. Sedangkan pemegang polis dan pembayar premi adalah ayah.

Premi Asuransi

Premi atau biaya asuransi adalah biaya yang dibayarkan karena mengambil manfaat dari asuransi tersebut. Premi asuransi dibayar sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam kontrak. Biasanya dibayarkan tiap bulan, per kuartal, per semeseter, atau per tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com