Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa dalam Ekonomi Modern Setiap Negara Memiliki Bank Sentral?

Kompas.com - 26/03/2022, 13:43 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Fungsi bank sentral dalam perekonomian, termasuk mengenai bidang kegiatan bank sentral dalam perekonomian negara penting diketahui.

Topik seputar kegiatan yang dilakukan oleh bank sentral adalah salah satu pembahasan yang kerap mencuat di kalangan pembaca, khususnya bagi para pelajar yang mempelajari hal ini.

Sejumlah pertanyaan mengenai kenapa setiap negara harus memiliki bank sentral hingga mengapa dalam ekonomi modern setiap negara memiliki bank sentral juga kerap bermunculan.

Baca juga: Bukan BI, Ini Bank Sentral Pertama Setelah Indonesia Merdeka

Mengapa sebuah bank sentral sangat dibutuhkan dalam sebuah perekonomian? Apa tujuan dan fungsi bank sentral? Apa kegiatan dari bank sentral? Apa fungsi bank sentral dalam suatu perekonomian?

Itulah sejumlah contoh pertanyaan yang sering muncul di kalangan pembaca. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut.

Bidang kegiatan bank sentral dalam perekonomian negara

Dikutip dari laman resmi sumber.belajar.kemdikbud.go.id, bank sentral adalah sebuah badan keuangan, yang pada umumnya dimiliki pemerintah, serta menjamin agar kegiatan badan-badan keuangan tersebut dapat menciptakan tingkat kegiatan ekonomi yang tinggi dan stabil.

Bank sentral mempunyai peran yang sangat strategis bagi masyarakat pada umumnya dan pembangunan ekonomi pada khususnya.

Baca juga: Mengapa Negara Harus Berutang?

Terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh bank sentral, fungsi bank sentral dalam perekonomian yang paling mendasar adalah perannya dalam mencetak dan mengedarkan uang.

Bank sentral merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan mata uang sebagai alat pembayaran yang sah di suatu negara.

Peran ini vital karena begitu penting dan luasnya fungsi uang dalam perekonomian. Inilah penjelasan singkat mengenai bidang kegiatan bank sentral dalam perekonomian negara.

Mengapa dalam suatu negara harus ada bank sentralnya?

Lebih lanjut, berikut ini penjelasan untuk menjawab pertanyaan mengapa dalam ekonomi modern setiap negara memiliki bank sentral atau kenapa setiap negara harus memiliki bank sentral.

Bank sentral merupakan suatu entitas yang bertanggung jawab untuk mengawasi sistem moneter suatu negara. Ini tak lepas dari fungsi bank sentral dalam perekonomian itu sendiri.

Baca juga: Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus pada Perdagangan dan Industri?

Bank sentral memiliki berbagai tanggung jawab, dari mengawasi kebijakan moneter untuk melaksanakan tujuan tertentu seperti stabilitas mata uang, inflasi yang rendah dan kesempatan kerja penuh.

Bank sentral sebagai bank pemerintah juga umumnya menerbitkan mata uang, mengatur sistem kredit, mengawasi bank-bank komersial, mengelola cadangan devisa dan bertindak sebagai lender of last resort.

Artinya, bank sentral berfungsi sebagai pemberi pinjaman kepada bank dalam keadaan yang memaksa untuk menjaga likuiditas dari bank tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com