Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Pencegahan Skimming Kartu ATM? Simak Tips dari BCA

Kompas.com - 29/03/2022, 12:43 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com - Skimming adalah salah satu modus kejahatan yang menghantui dunia perbankan. Jika kartu ATM kena skimming, saldo rekening bisa lenyap seketika.

Karena itu, penting memahami cara pencegahan skimming. Ciri-ciri rekening kena skimming juga penting diketahui bagi yang tidak ingin punya pengalaman kena skimming.

Terkait hal ini, BCA melalui laman resminya pernah menyampaikan tips agar nasabahnya terhindar dari bahaya kejahatan skimming.

Baca juga: Apa Itu Card Skimming yang Bisa Bikin Saldo Rekening Lenyap?

BCA juga menyampaikan sejumlah informasi mengenai apa yang dimaksud skimming agar nasabah paham tentang definisi skimming.

Arti skimming kartu ATM

Dikutip dari laman resmi BCA pada Selasa (29/3/2022), skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu baik debit maupun kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu.

Strip magnetik kartu adalah garis lebar hitam yang terletak di bagian belakang kartu. Strip magnetik ini merupakan tempat tersimpannya informasi mengenai kartu tersebut.

Adapun ciri-ciri rekening kena skimming umumnya terdapat transaksi yang mencurigakan. Saldo bisa tiba-tiba berkurang padahal nasabah tidak merasa melakukan transaksi.

Baca juga: BI Fast BCA: Cara Transfer BCA ke Bank Lain dengan Biaya Rp 2.500

“Apabila terdapat transaksi yang mencurigakan dari rekeningmu, maka BCA akan menginformasikan kamu untuk segera mengganti kartu atau PIN,” tulis BCA.

Proses terjadinya skimming

Terkait proses kartu ATM kena skimming atau yang biasa disebut dengan modus skimming, BCA menjelaskan bahwa proses skimming dilakukan menggunakan alat skimming.

Alat tersebut biasa disebut skimmer, yang ditempelkan pada slot kartu di mesin ATM. Skimmer ini biasa dibuat menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM, sehingga sekilas terlihat sama.

Saat kartu dimasukan ke ATM dan melalui skimmer yang ditempelkan tersebut, maka skimmer akan merekam informasi dari kartu tersebut.

Selanjutnya, spy camera yang diletakkan pelaku secara tersembunyi akan merekam saat nasabah memasukkan PIN di keyboard mesin ATM.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Isi e-Toll Flazz BCA Lewat m-Banking BCA

Kemudian, pelaku bisa langsung menduplikat kartu ATM menggunakan data yang telah didapatkan dari alat skimming ke kartu lain yang masih kosong.

Pelaku bisa menggunakan kartu duplikat tersebut di ATM layaknya kartu ATM korban skimming, dengan PIN yang didapatkan melalui rekaman spy camera.

Penjelasan terkait modus skimming adalah salah satu informasi yang juga penting diketahui bagi nasabah yang tak ingin punya pengalaman kena skimming kartu ATM.

Baca juga: Khawatir Saldo Raib karena Card Skimming? Jangan Asal Gesek Kartu ATM!

Cara pencegahan skimming

Lebih lanjut, BCA memberikan tips-tips mencegah terkena skimming. Berikut cara pencegahan skimming yang bisa dilakukan oleh nasabah:

  • Tutupi tangan saat memasukan PIN
    • Biasakan untuk menutup tangan saat memasukan PIN ke mesin ATM. Hal ini mencegah pelaku mengetahui PIN ATM melalui rekaman spy camera. Selain di mesin ATM, biasakan juga untuk menutup tangan saat memasukan PIN di mesin EDC ataupun di tempat lain.
  • Periksa mesin ATM yang akan digunakan
    • Biasakan untuk memeriksa mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Apabila melihat ada benda atau alat mencurigakan, sebaiknya nasabah tidak menggunakan mesin ATM tersebut dan melaporkannya ke Halo BCA 1500 888.
  • Perhatikan lokasi mesin ATM
    • Pelaku skimming adalah yang biasanya lebih mengincar ATM yang berlokasi di daerah yang sepi dan yang tidak diawasi dengan ketat. Maka, sebaiknya pastikan ATM yang akan digunakan diawasi oleh CCTV dan berlokasi di tempat yang aman.
  • Ganti PIN secara berkala
    • Untuk mencegah pelaku membobol ATM, ada baiknya nasabah mengganti PIN Kartu secara berkala.
  • Ganti kartu ATM menjadi kartu berbasis chip
    • Modus skimming adalah mengambil data dari strip magnetik kartu, dengan menggunakan kartu berbasis chip maka nasabah akan lebih terlindungi dari modus skimming ini. Kartu berbasis chip lebih aman karena data yang berada dalam chip terenkripsi sehingga tidak dapat dibaca saat kartu melalui skimmer.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Cek Saldo E-toll BCA lewat HP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com