Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Bakal "Soft Launching" pada 17 Agustus 2022

Kompas.com - 01/04/2022, 16:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan peluncuran awal atau soft launching LRT Jabodebek akan dilakukan pada 17 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Luhut saat melakukan peninjauan sekalian uji coba LRT Jabodebek yang dimulai dari Stasiun Harjamukti, Stasiun TMII, dan Depo LRT di Bekasi Timur, Jumat (1/4/2022).

"Schedule-nya ini (operasional LRT Jabodebek) akan berjalan pada September tahun ini, diharapkan 17 Agustus ini kita targetkan untuk soft launching," kata Luhut di Bekasi Timur, Jumat.

Baca juga: Bos BCA: Uang Nasabah yang Hilang karena Skimming, Kami Ganti 100 Persen

Progres pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap satu sudah mencapai 90.2 persen. Pembangunan tahap satu meliputi lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur, pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas, dan pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur.

Hingga saat ini kata Luhut, seluruh proses terkait pembangunan LRT Jabodebek berjalan baik. Mulai dari keuangan, teknologi, hingga konstruksi infrastruktur LRT.

Nantinya, LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan kereta cepat, Transjakarta, hingga moda transportasi angkutan umum lainnya.

"Kami membangun sistem moda transportasi yang canggih. Kami berharap semua ini dapat tercapai pada tahun ini," ucapnya.

Luhut juga mengapresiasi kinerja tim sehingga proyek pembangunan LRT Jabodebek dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi Agustus, Progres Pembangunan Sudah 90 Persen

Sebelumnya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) memaparkan, capaian keseluruhan pembangunan LRT Jabodebek saat ini sudah mencapai 90 persen per 25 Februari 2022.

Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto merincikan capaian ini, yaitu 94,5 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Cibubur, 89,1 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Dukuh Atas, dan 92,9 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur.

Dengan capaian pembangunan tersebut, dia meyakini tahap akhir pembangunan LRT Jabodebek dapat sesuai rencana. Pasalnya, LRT Jabodebek akan mulai dioperasikan Agustus 2022.

Baca juga: Biaya Pembangunan Bengkak, Tarif LRT Jabodebek Naik Jadi Rp 15.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com