Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Energi Bersih, Hotel di Bali Mulai Gunakan CNG

Kompas.com - 02/04/2022, 13:37 WIB
Aprillia Ika

Editor

BADUNG, KOMPAS.com – Untuk mendorong penggunaan energi bersih, pelaku industri pariwisata di Bali mulai menggunakan compressed natural gas (CNG) atau gas alam terkompresi untuk operasionalnya. 

Untuk itu, PT Pertagas Niaga, subholding gas Pertamina, berkomitmen untuk menjamin pasokan CNG untuk hotel dan pelaku pariwisata lain di Bali. 

Uji coba penggunaan CNG bertempat di Terminal Mengwi, Badung, Bali pada Kamis (31/3/2022) oleh Presiden Direktur PT Pertagas Niaga Aminuddin, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Gas Agung Indri, dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 12 Muiz Tohir. 

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Gas Bumi, Apa Bedanya LPG, LNG, dan CNG?

Suplai CNG untuk Bali diangkut oleh PT Patra Logistik dari Jatim. Setibanya di Terminal Mengwi, Badung, Bali, CNG ini kemudian akan dipindahkan ke fasilitas Mobile Refueling Unit (MRU). MRU inilah nantinya yang akan mengisi CNG dengan kemasan yang lebih kecil yakni berupa CNG Cradle. Dari CNG Cradle, baru disalurkan ke perhotelan di Bali. 

“Dengan CNG Cradle yang sifatnya lebih ringkas dan mobile, kami targetkan ini akan diminati oleh industri di Bali khususnya industri hotel, restoran, kafe atau laundry,” kata Aminuddin melalui keterangannya, Sabtu (2/4/2022). 

Baca juga: Subholding Gas Pertamina Bangun Mother Station CNG di Blora

CNG sendiri memiliki kelebihan dari aspek keamanan maupun harga yang ekonomis. CNG adalah gas alam yang dikompresi dengan tekanan hingga 250 bar dan selanjutnya disimpan di bejana tekan agar mudah didistribusikan.

CNG selama ini diutamakan untuk memenuhi kebutuhan gas bagi industri yang wilayahnya belum tersambung oleh pipa gas. Selain untuk kebutuhan tersebut, CNG juga dimanfaatkan bagi Bahan Bakar Gas sektor transportasi.

Baca juga: Program Konversi BBM ke CNG Jalan di Tempat

Masuknya CNG perdana ke Bali ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung karena memberikan alternatif energi ramah lingkungan.

“Pariwisata Bali saatnya bukan lagi menjual keindahan saja namun juga mulai beranjak pada kesadaran memanfaatkan energi bersih. Ini akan memberi poin lebih,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Bali I Wayan Adi Arnawa. 

Salah satu hotel yang jadi pilot project penggunaan CNG adalah Hotel The Trans Resort, Bali.

"Penggunaan CNG ini adalah terobosan, kami juga berharap bisa melakukan penghematan kurang lebih 15 persen,” tambah GM The Trans Hotel Bali, Alexander Jovanovich.

Sebagaimana diketahui, saat ini pariwisata di Bali menunjukkan geliat pemulihan seiring dengan membaiknya kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com