Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pekerjaan yang Memiliki Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Kompas.com - 02/04/2022, 16:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah memberikan disrupsi besar bagi dunia pekerjaan. Menurut laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul Future of Jobs Report 2020, terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam lima tahun kedepan.

CEO dan Co-Founder perusahaan edtech Cakap Tomy Yunus mengatakan, saat ini banyak perusahaan yang telah mengadopsi pemanfaatan teknologi dalam mengefisiensikan tenaga kerja bersamaan dengan tujuan bisnisnya.

“Integrasi antara bisnis dan teknologi membuat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kapasitas digital yang handal. SDM Indonesia perlu memperkaya diri dengan kompetensi dan skill yang relevan di zaman sekarang,” kata Tomy dalam siaran pers, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 4.000 di Akhir Pekan, Simak Rinciannya

Tomy mengungkapkan, berdasarkan laporan Future of Jobs dari WEF, terdapat beberapa pekerjaan serta kemampuan yang paling dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan, yakni yang berkaitan dengan sistem komputer dan digitalisasi merupakan peran yang paling dibutuhkan.

Dia mengungkapkan, untuk masuk ke dunia kerja masa kini bukan hanya lulusan IT saja yang bisa berkesempatan memiliki pekerjaan dengan prospek yang menjanjikan. Namun, skill yang tidak bisa dihindari adalah kemampuan atau penguasaan komputer.

“Tentu tidak harus lulusan IT. Setiap orang bisa mempelajari skill komputer tersebut dari berbagai sumber, salah satunya platform pembelajaran daring. Oleh karena itu, SDM Indonesia perlu mengembangkan dan memperkaya skill-nya agar menjadi SDM yang kompetitif dan berdaya saing global,” kata Tomy.

Baca juga: Siap-siap, Biaya Langganan First Media, IndiHome, dan MyRepublic Bakal Naik

Berdasarkan laporan dari WEF, terdapat 5 pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan dan paling dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang:

1. Data Analyst atau Data Scientist

Data analyst meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya.

Data analyst menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data dalam pekerjaan sehari-harinya, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Artificial Intelligence (AI) dikenal sebagai kecerdasan buatan yang mana sering dikaitkan dengan sistem komputer dalam meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Peran AI telah membantu berbagai industri dalam mengefisiensi bisnis serta memberikan kepuasan dalam pelanggan. Salah satu bagian dari AI adalah machine learning yang merujuk pada software dan hardware.

Machine learning membutuhkan algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala besar.

Baca juga: Sepekan, Rp 4,6 Triliun Dana Asing Guyur Pasar Modal Indonesia

3. Big Data Specialist

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com