Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Cara dan Syarat Mendapatkan BLT Minyak Goreng Rp 300.000 | Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3 Juta Dapat Subsidi Upah

Kompas.com - 05/04/2022, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Cair April 2022, Ini Cara dan Syarat Mendapatkannya

Menyikapi tingginya harga minyak goreng, pemerintah menggelontorkan bantuan langsung tunai (BLT). Hal ini dilakukan untuk meringankan beban kalangan mayarakat yang kurang mampu mencukupi kebutuhan minyak.

Untuk memastikan BLT tersebut tepat sasaran, pemerintah memberlakukan syarat dan ketentuan masyarakat yang berhak menerima BLT. Pemerintah juga telah mendata para penerima BLT minyak goreng tersebut, yakni 20,5 juta untuk keluarga penerima BPNT dan PKH, kemudian sebanyak 2,5 juta untuk para PKL.

Adapun mekanisme BLT nantinya akan diberkan sebesar Rp 100.000 setiap bulannya secara sekaligus dalam tiga bulan (April, Mei dan Juni). Sehingga masyarakat yang memenuhi syarat akan diberikan bantuan senilai Rp 300.000 pada bulan April 2022.

Apa saja syarat dan cara mendapatkan BLT minyak goreng? Simak di sini

2. Cek Jalur Tol Japek II Selatan yang Gratis untuk Mudik Lebaran 2022

Sebagian ruas Jalan Tol Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan atau Tol Japek Selatan dipastikan beroperasi secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2022.

Dengan difungsionalkannya sebagian jalur Tol Japek II Selatan ini, maka para pemudik yang menggunakan mobil pribadi bisa bebas masuk pintu Tol Japek Selatan alias gratis.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaham Rakyat (PUPR) dalam laman resminya telah memastikan bahwa Tol Japek Selatan menjadi salah satu tol yang siap beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2022.

“Terdapat beberapa ruas baru yang akan difungsionalkan mendukung arus mudik nanti baik di Aceh, Bengkulu, dan rencana fungsional Jalan Tol Japek 2 Selatan untuk arus balik secara parsial," jelas Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, dikutip Senin (4/4/2022).

Ruas mana saja yang gratis  untuk mudik? Baca di sini

3. Siap-siap, Pemerintah Beri Subsidi Upah Buat Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3 Juta

Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi upah di tahun ini dengan beberapa ketentuan. Namun, bantuan ini hanya diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta.

Sebelumnya di tahun 2020-2021, bantuan diberikan kepada pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menuturkan, bantuan akan diberikan kepada 8,8 juta pekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com