Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sejumlah Persiapan Kemenhub Hadapi Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 07/04/2022, 12:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama operator transportasi telah menyiapkan sarana dan prasarana transportasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pemudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, telah disiapkan 57.693 unit bus pada 48 terminal, 215 unit kapal pada 8 lintas sungai, danau, dan penyeberangan.

Kemudian 38 movable bridge, 2 ponton, dan 11 plengsengan pada dermaga penyeberangan, 327 pesawat untuk melayani 378 rute pada 123 kota, 123 kapal pada 117 trayek perintis serta 76 kapal kenavigasian untuk tanggap darurat pada 51 pelabuhan domestik dan 4 pelabuhan internasional.

Baca juga: Kesiapan Mudik Lebaran via Jalur Darat, Menteri PUPR: Jalan Nasional Mantap 91,8 Persen

Sebanyak 399 sarana perkeretaapian antar kota pada 138 stasiun serta 1053 perjalanan KRL per hari pada 15 stasiun utama dan 85 stasiun kecil juga disiapkan.

"Memang ini belum maksimal tapi cukup memadai. Trek-trek perintis dan kapal navigasi kami aktifkan, kereta api juga kita maksimalkan penggunaannya dan saat ini mencapai pemesanan yang relatif banyak," ujarnya saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Selain itu, upaya lain yang dilakukan, yaitu memastikan kelaikan sarana angkutan di semua moda transportasi dengan melakukan ramp check, termasuk pemeriksaan kesehatan SDM, dan pengawasan harga tiket angkutan.

Selanjutnya, Kemenhub akan memfasilitasi Program Mudik Gratis untuk meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi jumlah pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

"Mudik tahun ini menjadi tantangan yang besar yaitu dengan animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan mudik. Untuk itu, kami di bawah koordinasi Menko PMK selaku koordinator penyelenggaraan mudik lebaran, telah melakukan koordinasi yang intensif antar unsur terkait, agar terwujud Mudik Aman dan Mudik Sehat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta Kemenhub bersama stakeholder terkait untuk mengoptimalkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan mudik lebaran tahun 2022.

Selain itu, Komisi V DPR RI juga meminta Kemenhub memperhatikan sejumlah hal, yakni memastikan kelaikoperasian sarana angkutan di semua moda dan keberlanjutan pelayanan angkutan, meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan terhadap prokes di simpul-simpul transportasi seperti pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun, sertamengoptimalkan pengawasan terhadap fluktuasi harga tiket.

Turut hadir dalam Raker tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Basarnas Marsekal TNI Henri Alfiandi, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi.

Baca juga: Antisipasi Macet Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Jalan Tol Japek II Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com