Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Mahendra Siregar, Wamenlu yang Ditetapkan Jadi Ketua OJK 2022-2027

Kompas.com - 07/04/2022, 19:21 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR resmi menetapkan Mahendra Siregar sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Nantinya Mahendra berhasil akan menggantikan kepemimpinan Wimboh Santoso yang masa baktinya segera berakhir.

"Telah disepakati secara mufakat calon dewan komisioner OJK periode 2022-2027," ujar pimpinan rapat Kahar Muzakir di Komisi XI DPR, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Mahendra Siregar Ditetapkan Jadi Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara Jadi Wakil Ketua

Profil Mahendra Siregar

Mahendra merupakan sosok yang telah lama menjabat di berbagai posisi strategis pemerintah, di mana saat ini ia masih menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri .

Sebelumnya, pria kelahiran Bandung 17 Oktober 1962 itu merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Tercatat dalam pemerintahan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mahendra Siregar pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Mahendra Siregar juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan Indonesia dan Wakil Menteri perdagangan Indonesia di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Profil Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif IKNB OJK yang Baru

Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional. Ia menjabat tugas yang sama pada 3 era Menko Perekonomian yakni, Aburizal Bakrie, Boediono, dan Sri Mulyani Indrawati.

Selain dalam ranah pemerintahan, Mahendra Siregar juga diketahui pernah berperan sebagai komisaris dari PT Dirgantara Indonesia dan PT Aneka Tambang.

Dalam sektor perbankan, Mahendra Siregar sempat menempati jabatan sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank pada 2009.

Sementara, perihal pendidikan, Mahendra Siregar memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Ekonomi dari Monash University, Australia.

Baca juga: Pasokan Bitcoin dan Ethereum Terus Berkurang, Apa Dampaknya?

Program prioritas yang disiapkan

Dalam gelaran fit and proper test, Mahendra menyampaikan, sektor jasa keuangan nasional masih memiliki potensi besar untuk diperluas dan diperdalam. Sebab saat ini sejumlah indikator menunjukkan sektor jasa keuangan RI masih lebih rendah dibanding negara ASEAN atau G20.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, ia menyiapkan 6 prioritas kebijakan yang akan dilaksanakan saat menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK.

Prioritas pertama ialah peningkatan efektivitas kepemimpinan dalam kelembagaan OJK yang bersifat kolektif dan kolegial.

"Sehingga pengawasan terintegrasi dan kualitas perlindungan konsumen serta masyarakat dapat semakin ditingkatkan," ujar dia.

Baca juga: Prabowo Temui Sri Mulyani, Ini yang Dibahas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com