Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Imbau Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor

Kompas.com - 08/04/2022, 13:21 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, penggunaan sepeda motor saat mudik bisa membahayakan keselamatan pemudik karena pemerintah akan memberlakukan pengalihan arus untuk kendaraan logistik.

"Artinya, jalan nasional itu nanti banyak dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar. Kami khawatirnya aspek keselamatan menjadi taruhannya di sini," ujarnya saat Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Ada Pembatasan Angkutan Barang Selama Mudik, Ini Rincian Ruas Jalannya

Dia merasa prihatin apabila pemudik dengan sepeda motor membawa penumpang melebihi kapasitas sepeda motor, belum lagi ditambah dengan membawa barang muatan.

Sebab, menurut data Kemenhub selama 2021, 73 persen kecelakaan lalu lintas tertinggi dialami oleh kendaraan sepeda motor, lalu di urutan kedua ada angkutan barang sebesar 12 persen.

"Tolong sampaikan kalau bisa masyarakat jangan mudik menggunakan sepeda motor. Apalagi sepeda motor yang bapaknya, ibunya, anaknya satu di depan, anaknya dua di belakang ditambah lagi dengan muatan, kasihan kita," ucapnya.

Kendati demikian, Kemenhub dan Korlantas Polri juga mengambil langkah antisipasi agar pemudik sepeda motor tidak menjadi mid-traffic dengan kendaraan lain, terutama angkutan logistik.

Baca juga: Kemenhub Prediksi Sebanyak 36,17 Juta Orang Akan Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

"Kalaupun masyarakat menggunakan sepeda motor dan nantinya akan menggunakan jalan nasional, kita harapkan jalannya sebelah kiri. Jadi jangan kemudian ada yang ambil kanan dan sebagainya," tegasnya.

Namun, Kemenhub tetap tidak merekomendasikan penggunaan sepeda motor saat perjalanan mudik karena sangat berbahaya dan rawan kecelakaan.

Jangan sampai mudik yang bertujuan untuk bersukacita dengan keluarga di kampung halaman malah berujung pada berdukacita karena terjadi kecelakaan. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada telanjur terjadi.

Baca juga: 5 Prediksi Kemenhub Soal Mudik Lebaran 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com