Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AAJI: Kepala Eksekutif IKNB Baru Harus Selesaikan Urusan Asuransi Jiwa Bermasalah

Kompas.com - 08/04/2022, 17:07 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan, pekerjaan rumah bagi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) yang baru adalah menyelesaikan masalah asuransi jiwa seperti AJB Bumiputera, Jiwasraya, Kresna Life, dan Wanaartha Life.

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan, kecekatan Dewan Komisioner OJK bidang industri keuangan non bank yang baru dalam menuntaskan itu akan menjadi awal yang baik.

"Jadi kalau beliau bisa melakukan sesuatu, menuntaskan masalah ini tentu lebih baik. Untuk itu perlu diskusi dengan para pelaku bagaimana cara menanganinya dan sebagainya," kata dia kepada Kompas.com Jumat (8/4/2022).

Baca juga: APPI: Semoga DK OJK Dapat Sinergikan Perbankan dan Industri Pembiayaan

Ia menambahkan, kepala eksekutif OJK bidang IKNB yang baru juga perlu untuk segera mempelajari industri asuransi jiwa. Pasalnya, menurut dia industri asuransi jiwa merupakan industri yang relatif unik.

"Di situ memang beliau mesti cepat belajar, kita dari asuransi jiwa selalu terbuka untuk diskusi," ungkap dia.

Ia menyebut, proses belajar akan lebih cepat dan efektif ketika melibatkan berbagai asosiai yang ada di bawah kepala eksekutif bidang IKNB. Menurut dia, saat ini ada sekitar 13 sampai 15 asosiasi di sektor IKNB.

Baca juga: DK OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen yang Baru Soroti Literasi Keuangan

Selain itu, DK OJK yang baru juga memiliki pekerjaan rumah lain untuk mendorong percepatan pembentukan Lembaga Penjamin Pemegang Polis yang sudah molor sejak 2014.

"Memang bolanya bukan di OJK, tetapi kami berharap OJK dapat mendesak pemerintah untuk merealisasikan lembaga ini, supaya pemerintah lebih peduli," imbuh dia.

Sebelumnya, Togar menceritakan ada beberapa nama dari DK OJK terpilih sekarang yang telah bertemu dengan AAJI untuk membahas asuransi jiwa. Namun demikian, Kepala Eksekutif bidang IKNB yang baru terpilih justru belum pernah bertemu dengannya.

"Karena sudah melewati beberapa tahapan dan terpilih oleh DPR, tentu beliau memiliki kapabilitas. Cuma untuk industri asuransi jiwa saya pikir beliau harus belajar lagi, karena sedikit berbeda," pungkas dia.

Sebagai informasi, Ogi Prastomiyono telah didapuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya atau IKNB pada Rabu (7/4/2022).

Baca juga: Profil Mirza Adityaswara, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com