Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLT Minyak Goreng Cair Pekan Ini, Simak Cara Cek Penerimanya

Kompas.com - 11/04/2022, 07:41 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mulai mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng pekan ini. Anggaran yang disiapkan untuk bansos ini mencapai Rp 6,95 triliun.

Adapun besaran bansos yang diterima masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 100.000 per bulan selama 3 bulan. Pencairan akan dilakukan sekaligus Rp 300.000 pada bulan April 2022.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, BLT minyak goreng mulai cair pada pekan ini dan ditargetkan selesai H-7 hari raya Idul Fitri sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Bakal Cair, Ini Syarat Penerima BLT UMKM Rp 600.000

"Program BLT minyak goreng sudah harus tersalurkan pada Ramadhan. Paling lama kalau bisa 1 minggu sebelum Idul Fitri. Artinya kedua program ini harus betul-betul secara cepat penyalurannya," kata Susiwijono dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Pria yang karib disapa Susi ini menuturkan, besaran bantuan dihitung berdasarkan asumsi kebutuhan minyak goreng.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kebutuhan minyak goreng mencapai 0,32 liter per orang per minggu. Jadi dalam sebulan, satu orang membutuhkan minyak goreng sekitar Rp 1 liter, sehingga bila satu keluarga beranggotakan 4 orang, maka kebutuhannya mencapai 4 liter/bulan. Total biaya yang dibutuhkan untuk membeli minyak goreng tersebut, yakni sekitar Rp 300.000.

"Sehingga besarannya kira-kira Rp 100.000 dikali 3 atau Rp 300.000," tandas Susi.

Cara cek penerima BLT minyak goreng

Susi menjelaskan, program ini masuk dalam dua rumpun bansos berbeda, yakni bansos pangan Kementerian Sosial dan bantun tunai pedagang kaki lima, warung, dan nelayan (BT-PKLWN) oleh TNI/Polri.

Adapun penyaluran dari rumpun bansos pangan Kemensos akan menyasar pada 20,65 juta KPM, yang terdiri dari 18,8 juta penerima BPNT Kartu Sembako dan 1,85 penerima yang tidak menerima BPNT.

Dari rumpun BT-PKLWN, penyaluran menyasar 2,5 juta PKL dan pemilik warung, utamanya adalah PKL dan warung makanan atau gorengan di 514 kabupaten/kota.

Segala bentuk bansos yang berasal dari Kementerian Sosial bisa dicek melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id. Selain melalui laman tersebut, kamu juga bisa mengecek melalui aplikasi Cek Bansos atau mendatangi kantor dinas sosial setempat.

Baca juga: Ekonom Nilai BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Ibarat Parasetamol yang Menurunkan Demam, Tapi...

Berikut ini cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

  • Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".
  • Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya.

Demikian cara mengecek penerima BLT minyak goreng Rp 300.000 untuk rumpun bansos pangan Kemensos.

Baca juga: BSU 2022 hingga BLT Minyak Goreng Cair April, Simak Cara dan Syarat Mendapatkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com