Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran 30 Sekolah Kedinasan Dibuka, Sekolah Tinggi Intelijen Negara Naungan BIN Paling Banyak Diincar

Kompas.com - 13/04/2022, 13:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 30 sekolah kedinasan di bawah naungan delapan instansi telah membuka pendaftaran yang dimulai 9 April 2022.

Adapun delapan instansi tersebut yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: BKN: Hingga Hari Ini 341.225 Orang Telah Mendaftar Sekolah Kedinasan

5 sekolah kedinasan paling diminati

Dari catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga 12 April, sebanyak 346.124 telah membuat akun, memilih sekola 21.927, dan yang telah mengklik submit 6.172. Pada tanggal itu juga, terdapat 5 instansi yang banyak dilirik pendaftar sekolah kedinasan.

"Untuk saat ini ada Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Politeknik Statistika, Politeknik Keuangan Negara atau STAN, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, terakhir Institut Pemerintahan Dalam Negeri," kata Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama, kepada Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi pendaftar paling banyak sementara ini mencapai 1.555, disusul Politeknik Statistika 1.169 pendaftar, Politeknik Keuangan Negara STAN 1.093, Sekolah Tinggi BMKG 612, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri 409 pendaftar.

Baca juga: Sudah Dibuka, Ini Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2022 di dikdin.go.id

Calon peserta jangan tergesa-gesa submit

Sebagaimana diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan akan ditutup pada 30 April 2022.

Satya sebelumnya mengatakan, standarisasi proses sekolah kedinasan menggunakan proses seleksi yang terintegrasi dengan prinsip one stop recruitment service, mulai dari pendaftaran, pembayaran, informasi dan helpdesk dalam satu portal BKN, yaitu https://dikdin.bkn.go.id.

"Pahami tata cara pendaftaran, dan perlu diingat satu akun hanya dapat mendaftar pada satu sekolah kedinasan dan bagi yang sudah memiliki akun sscasn dikdin 2021 silakan login menggunakan NIK dan Password akun tersebut," ucap Satya.

Dia pun mengingatkan kepada para pendaftar agar tidak tergesa-gesa melakukan submit saat mendaftar, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Silakan membaca FAQ (Frequently Ask Question) yang telah tersedia dalam website dikdin.bkn.go.id dan juga disediakan menu helpdesk serta call center yang tertera dalam website apabila masih ada yang perlu informasi yang tidak ada dalam menu FAQ," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com