Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Kirim Atlet Atletik Indonesia Pemusatan Latihan di Mimika

Kompas.com - 13/04/2022, 17:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pelaksanaan program pemusatan latihan nasional desentralisasi atletik di Mimika.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan yang juga Ketua Umum PB PASI dengan Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.

Pada saat perhelatan PON di Papua, Luhut takjub dengan megahnya Mimika Sport Complex yang berisi bukan hanya lapangan untuk bertanding, tetapi juga merupakan kompleks olahraga. Dari situ Luhut, berpikir untuk memberikan oleh-oleh berharga untuk masa depan atletik di Indonesia.

Baca juga: Diadang Mahasiswa, Luhut: Kita Semua Harus Semakin Terbiasa dengan Perbedaan Pendapat

"Saya yakinkan diri saya untuk meminta kesediaan Pak Tony melalui Freeport Indonesia untuk memberikan sumbangsih lebih kepada bangsa khususnya wilayah timur Indonesia dengan menghadirkan warna baru program pelatihan atletik yang akhirnya disebut sebagai program pelatihan atletik nasional desentralisasi," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (13/4/2022).

Luhut mengungkapkan, pihaknya memiliki perhatian besar bagi atlet Papua yang menurun cukup dalam dan terlihat dari perolehan medali emas dari tahun ke tahun di ajang PON.

"Walau penurunan memang terjadi, tetapi harapan tetap ada untuk majunya atletik Papua dan Indonesia kedepannya. Kita akan cari bakat-bakat unggul di daerah," kata dia.

Selain itu, mantan Duta Besar Singapura untuk Indonesia ini bilang, PB PASI akan mendatangkan pelatih asing pada Juni 2022.

"Untuk pelatih kami sudah siap datangkan pelatih asal Jamaika. Nanti kalau enggak salah bulan Juni mereka datang dan akan langsung bantu di Papua," kata Luhut.

Indonesia juga sudah mulai mempersiapkan diri untuk Sea Games 2022 yang dilaksanakan di Vietnam. Dari cabang atletik ditargetkan mampu membawa emas pulang ke Indonesia.

Baca juga: Pengadaan Produk Dalam Negeri Pemerintah Capai Rp 539 Triliun, Luhut: Belanja Impor Kita Kurangi

 

"Kita target untuk Sea Games nanti di Vietnam delapan medali emas dan ini juga sudah melalui berbagai prediksi, jadi kita doakan saja atlet-atlet kita yang nantinya bertanding," ucapnya.

Kedepannya, program pemusatan latihan seperti ini akan dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia untuk mencari bibit unggul lainnya, salah satunya di Pangalengan yang ditargetkan pada bulan Juni akan selesai setelah Ramadhan.

"Nanti saya mau minta berbagai perusahaan, misalnya perusahaan tambang kayak PTFI untuk berkontribusi juga bagi di ranah seperti ini, biar makin baik atlet kita," kata Luhut lagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menyatakan dukungannya dalam mendukung kemajuan atlet atletik di Indonesia melalui program program pemusatan latihan nasional desentralisasi atletik di Mimika.

"Kita bangun kawasan ini dengan baik yang nantinya jadi tempat untuk berlatih para atlet atletik Indonesia. Ini bukan hanya untuk Papua, tetapi juga untuk bibit unggul atlet atletik di seluruh Indonesia," ucap Tony.

Baca juga: Pemudik Lebaran Bisa Capai 90 Juta Lebih, Luhut Ungkap Jalur Darat Bisa Stuck

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com