Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Siapkan Uang Tunai Rp 20,89 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Nasabah Jelang Lebaran

Kompas.com - 14/04/2022, 15:39 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan dana tunai sebesar Rp 20,89 triliun untuk memenuhi kebutuhan likuiditas nasabah menjelang dan setelah Lebaran 2022.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan, jumlah uanh tunai tersebut meningkat 56 persen dibandingkan dana tunai yang disiapkan perseroan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 13,4 triliun.

Penyiapan dana tunai tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan uang tunai nasabah selama 27 April 2022 hingga 9 Mei 2022.

“Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 2022, yakni selama periode 27 April 2022 hingga 9 Mei 2022 atau selama 13 hari kalender,” ujar Ari dalam keterangannya, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: ASN Dilarang Pakai Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran 2022

Lebih lanjut Ari menjelaskan, dari total dana tunai yang disiapkan sebesar Rp 20,89 triliun, sebesar Rp 6,27 triliun atau sekitar 30 persen akan dialokasikan untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedangkan sisanya, sebesar Rp 14,62 triliun atau sekitar 70 persen dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet BTN.

“Alokasi uang tunai mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dikarenakan pelonggaran kebijakan mobilitas masyarakat selama hari raya Idul Fitri 2022,” kata Ari.

Untuk memudahkan transaksi selama masa libur Lebaran 2022,  Ari mengajak nasabah memanfaatkan kanal digital banking Bank BTN antara lain mobile banking dan internet banking.

Menurutnya, salah satu kemudahan yang diberikan yakni nasabah bisa melakukan pengambilan uang tunai tanpa kartu melalui mobile banking perseroan.

“Kini Mobile Banking BTN bisa digunakan untuk berbagai keperluan transaksi tidak hanya pembayaran listrik, telepon dan isi ulang pulsa,” ucapnya.

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022, 4 Anak Usaha Garuda Indonesia Buka Banyak Lowongan Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com