Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Tema yang Diusung Indonesia dalam Presidensi G20 Tahun 2022

Kompas.com - 15/04/2022, 11:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” atau “Pulih Bersama, Bangkit Perkasa” dalam Presidensi G20 tahun 2022.

Sebagaimana diberitakan, pada tahun 2022 ini, Indonesia memegang Presidensi G20 yang berlangsung selama setahun penuh. Presidensi G20 berarti, suatu negara akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan forum G20.

Dilansir dari dari akun Instragram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, tema “Recover Together, Recover Stronger” ini mengajak seluruh negara di dunia untuk saling bahu-membahu, mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Baca juga: Bagaimana Indonesia Menjadi Anggota G20?

Sedangkan, topik utama dari G20 tahun ini ada tiga yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi.

Topik tentang arsitektur kesehatan berkaitan dengan penggalangan dana global, ketahanan dan standar kesehatan global yang harmonis.

Transformasi ekonomi dan digital nantinya akan mencakup desain ulang tata kelola ekonomi global dengan teknologi digital.

Sedangkan, topik transisi energi berkaitan dengan dorongan terbentuknya sistem energi global yang lebih bersih dan transisi yang adil.

Baca juga: Transisi Energi Jadi Fokus G20, Ini Strategi Pemerintah Kejar Pembangunan PLTP 3.355 MW

Khusus untuk tema Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau G20 Education Working Group (EDWG) adalah Pulih, Membayangkan Kembali, dan Membangun Ulang dengan lebih Kuat (Recover, Reimagine, Rebuild Stronger).

Sebagai informasi, ini adalah kali pertama Indonesia didapuk menjadi tuan rumah. Tahun lalu, Italia merupakan tuan rumah dari forum G20 ini.

Perlu diketahui, rangkaian Presidensi G20 Indonesia berlangsung mulai 1 Desamber 2021 hingga 30 November 2022.

Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2021 dan tahun 2022 terdiri atas pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral, pertemuan tingkat Sherpa, pertemuan tingkat Deputi, pertemuan tingkat Working Group, pertemuan tingkat Engagement Group, program Side Events, dan program Road to G20 Indonesia 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com