Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ingin Cuan Saat Ramadhan? Coba Inspirasi 6 Usaha Berikut

Kompas.com - 20/04/2022, 19:15 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak peluang usaha yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan cuan selama Ramadhan.

Meskipun harga barang cenderung mengalami kenaikan selama Ramadhan, tetapi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja tetap saja tinggi.

Maka dari itu, banyak inspirasi usaha yang dapat Anda coba untuk menambah cuan di hari Lebaran nanti, mulai dari jualan makanan berbuka hingga kue Lebaran.

Berikut enam rekomendasi peluang usaha yang bisa Anda coba selama Ramadhan yang sudah dirangkum Kompas.com dari beberapa sumber.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Efektif Selama Pandemi Covid-19

1. Berjualan takjil

Waktu berbuka puasa biasanya menjadi momen yang paling dinantikan. Setiap orang yang telah seharian berpuasa biasanya akan mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Nah, Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk menjadikannya peluang usaha dan menjajakan makanan dan minuman yang cocok untuk berbuka puasa.

Adapun contoh minuman yang bisa dijual, seperti es buah, kolak, es kelapa muda, es campur, atau minuman segar lainnya. Selain itu, untuk makanan Anda bisa menjajakan seperti gorengan atau camilan ringan lainnya.

Anda bisa juga memulai menjual takjil dan minuman segar di halaman rumah, di pinggir jalan, atau dibawa ke tempat kerja untuk ditawarkan ke beberapa teman kerja.

Dengan berjualan takjil, tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga dapat membantu orang-orang untuk berbuka puasa di tengah kesibukannya.

Baca juga: Tips Melakukan Manajemen Keuangan Keluarga pada Akhir Bulan

2. Membuka usaha katering makanan

Saat bulan puasa tiba, ada sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan menu berbuka maupun sahur.

Hal itu merupakan peluang bagi Anda untuk mencoba membuka usaha katering makanan dan jasa antar makanan selama Ramadhan.

Anda bisa mencoba dengan menawarkan kepada beberapa anak indekos atau pekerja yang seringkali tidak memiliki waktu banyak karena kesibukannya.

Biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga bervariasi. Pastikan pula Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menentukan harga yang sesuai.

Setelah menentukan harga jual, mulailah dengan membuat pilihan paket katering, seperti katering mingguan atau bulanan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pelanggan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!

3. Berjualan perlengkapan ibadah

Seperti yang diketahui, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinantikan oleh umat Muslim.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com