Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Meyakinkan Keluarga bahwa Wanita Berkarier Itu Tidak Salah? Simak Hal Ini

Kompas.com - 21/04/2022, 07:31 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap kali wanita sulit mengembangkan kariernya lantaran tidak memiliki dukungan dari orang terdekatnya. Khususnya keluarga ataupun pasangan.

Sebab, streotype "wanita harus di dapur" masih menempel di banyak keluarga.

Director & Founder APDC, sekaligus Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan, memang sebenarnya, menyakinkan keluarga ketika ingin meminta izin berkarier adalah sebuah proses yang gampang-gampang susah.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki agar Menjadi Wanita Karier Sukses

"Menyakinkan itu gampang-gampang susah, sebab butuh ada komunikasi yang membuktikan, artinya dalam menjalankannya kita butuh approving juga kita menjalankan semuanya dengan baik. Seperti misalnya kita memanfaatkan waktu kalau memang kita punya waktu kosong kita pasti akan luangkan untuk keluarga sebagai prioritas utama," ujar Analisa dalam diskusi media secara virtual, Rabu (20/4/2022).

Selain itu, Analisa mengatakan, langkah yang tak kalah penting lainnya ketika ingin menyakinkan keluarga untuk berkarier adalah menyamakan mindset. Terutama bagi wanita yang sudah memiliki pasangan.

Dia mengatakan, mindset yang harus ditanamkan adalah berkarier bukan sekadar menaik atau menurunkan derajat. Tapi, misalnya, lebih ingin membuat finansial lebih sehat atau mandiri.

Baca juga: Profil 3 Wanita yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

"Jadi perlu loh yang belum menikah, para perempuan untuk mencari pasangan yang mindset-nya sama dulu yang bisa mendukung dia. Kita bisa tanya bagaimana pemahaman dia tentang perempuan berkarier. Itu kadang hal-hal yang sulit dibahas sebelum pernikahan gitu," jelasnya.

"Nah kalau sudah terlanjur sudah menikah bisa berubah? Bisa banget jadi artinya kembali lagi dan sebagai perempuan jangan pernah lupa bahwa kita juga memiliki kodrat untuk terus menjadi tulang rusuk dari pasangan kita, ketika kita membantu pasangan kita ingat kodratnya, pasangan kita sebagai pemimpin dalam keluarga. Jadi menjalankan itu semua memang seni dan komunikasi itu adalah seni jadi terus menerus dan enggak pernah berhenti untuk berproses," sambung Analisa.

Baca juga: Marina Budiman, Wanita Pendatang Baru di Daftar Orang Terkaya RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com