Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilitas Diperlonggar, Survei Zurich Asuransi Catat 90 Persen Responden Bakal Pilih Perjalanan Domestik

Kompas.com - 22/04/2022, 09:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemulihan tren perjalanan dan pariwisata kian menjanjikan dengan pelonggaran pembatasan mobilisasi masyarakat, termasuk untuk mudik dan perjalanan lintas pulau.

Sejalan dengan tren positif tersebut, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich) menawarkan proteksi perjalanan melalui Zurich Travel Insurance.

Apalagi dari survei Balitbang Kementerian Perhubungan Indonesia memprediksi hampir 85 juta orang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini atau meningkat sekitar 170 persen dibanding prediksi mudik pada 2021.

Bahkan terjadi pergerakan lebih dari 100.000 penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta saat Maret 2022.

Baca juga: Bos Zurich: Bisnis Asuransi Semakin Menjanjikan Tahun Depan


Chief Technical Officer Zurich Asuransi Indonesia, Rismauli Silaban (Uli) mengatakan, pada Desember 2021 Zurich mengadakan riset dan mencatat 85 persen responden berencana untuk mengadakan perjalanan dalam enam bulan mendatang dan 90 persen responden merencanakan perjalanan domestik.

Jenis perjalanan yang diminati pun semakin beragam pascapandemi, seperti petualangan di alam, solo traveling, dan wisata religi.

Baca juga: Hasil Riset Ipsos: Shopee jadi E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan pada 2021

"Riset ini menjadi fondasi kami dalam mengembangkan Zurich Travel Insurance. Kami sebagai perusahaan asuransi yang berfokus terhadap nasabah menjawab tren perjalanan dan kebutuhan traveler dengan menghadirkan perlindungan untuk berbagai jenis risiko, mulai dari yang paling umum seperti pembatalan perjalanan hingga yang lebih spesifik dan kompleks seperti risiko ketika melakukan kegiatan hobi, olah raga musim dingin atau akibat Covid-19. Zurich Travel Insurance pun juga menawarkan berbagai kemudahan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin dinamis," katanya secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Baca juga: Riset: 70 Persen Perusahaan Keluarga di RI Tidak Bertahan hingga Generasi Kedua

Zurich sebelumnya juga melakukan survei di tahun 2020, untuk melihat perilaku traveler terhadap risiko perjalanan dan kebutuhan asuransinya.

Riset ini mengungkap bahwa nasabah lebih memilih produk asuransi yang paling lengkap jaminannya (46,5 persen) dan yang jaminannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka (46,3 persen).

"Kemanapun destinasinya dan apapun gaya traveling-nya, penurunan kasus Covid-19 jangan sampai membuat kita lengah terhadap risiko perjalanan yang masih mungkin terjadi. Asuransi perjalanan yang lengkap untuk melengkapi perjalanan harus menjadi bagian dari perencanaan," ujar Uli.

Baca juga: Riset Momentum Works: Grab Kokoh Kuasai Layanan Pesan Antar Makanan di Indonesia dengan 49 Persen GMV

Pentingnya produk perlindungan yang sesuai dengan gaya traveling juga disampaikan oleh Travel Blogger, Marischka Prudence.

"Pelonggaran restriksi perjalanan jadi kabar segar bagi semua pecinta traveling. Makin banyak orang mulai merencanakan liburannya, ada yang enggak sabar ke luar negeri, naik gunung, backpacking, maupun tur bersama keluarga. Penting untuk disiapkan dengan baik. Asuransi perjalanan yang mampu memberikan perlindungan yang sesuai dengan gaya traveling kita seperti Zurich Travel Insurance menjadi elemen wajib dalam perencanaan. Jadi, bukan cuma rasa senang, produk seperti Zurich Travel Insurance juga bikin perjalanan lebih tenang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com