Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekarbonisasi, Biro Klasifikasi Indonesia Gandeng Perusahaan Jasa Survei Internasional

Kompas.com - 22/04/2022, 18:31 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Bureau Veritas Indonesia (BVI) dalam rangka menggali potensi kemitraan bisnis bersama.

Salah satunya, potensi kerja sama dalam hal dekarbonisasi dan emisi karbon, serta jasa penilaian atau pemeriksaan decommissioning anjungan lepas pantai.

"Sebagai BUMN kami berusaha memberikan yang terbaik untuk para klien kami dengan menjaga kualitas pekerjaan salah-satunya menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan jasa survei (Testing, Inspection, Certification) global PT Bureau Veritas Indonesia sebagai lembaga independen,” ujar Direktur Utama PT BKI Rudiyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Gandeng BKI, Telkom Siap Dukung Holding BUMN Jasa Survey

Sebagai informasi, BKI sebagai lead dari ID Survey yang beranggotakan PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia telah memulai program dekarbonisasi secara nasional dengan melibatkan 7 BUMN sebagai objek penerapan.

"Dengan kerjasama dengan BVI ini kami berharap akan ada pengakuan dari internasional,” kata Rudiyanto.

Rudiyanto menjelaskan, alasan BKI memilih bekerja sama dengan BVI karena dinilai sudah memiliki pengalaman cukup panjang tentang pelaksanaan sertifikasi dekarbonisasi.

"Sehingga kerja sama antara BVI dengan BKI dapat mengoptimalkan perkembangan bisnis BKI ke seluruh sektor menjadi semakin baik lagi," ucap dia.

Baca juga: Pahala Mansury: BUMN Sangat Serius Jadi Pionir dalam Penerapan Dekarbonisasi

Dalam kesempatan yang sama, Country Chief Executive Bureau Veritas Group Indonesia Chris Murray mengungkapkan, BVI merasa terhormat bisa bekerja sama dengan BUMN seperti BKI.

“BVI dan BKI merupakan perusahaan dengan latar belakang yang sangat mirip. Sehingga kami melihat ada peluang yang sempurna untuk berkolaborasi bersama di Indonesia terutama pada sektor dekarbonisasi,” tutur Chris.

Chris yakin dalam kolaborasi ini, BVI dan BKI dapat berbagi pengetahuan sehingga keduanya bisa menemukan peluang yang baik untuk mengembangkan pengalaman dekarbonisasi Indonesia ke dunia.

Baca juga: ID Survey Targetkan Masuk ke Dalam Jajaran Top Five Perusahaan TIC di Asia Pasifik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com