Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Diprediksi Naik 200 Persen di Lebaran 2022

Kompas.com - 25/04/2022, 20:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Bandara Wilayah IV memprediksi akan ada lonjakan penumpang hingga 200 persen di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada periode mudik Lebaran 2022.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi mengatakan, lonjakan penumpang tersebut diiringi dengan kenaikan pergerakan pesawat sebesar 140 persen.

"Kami memproyeksikan terhadap pergerakan penumpang ini akan ada kenaikan penumpang sebesar 200 persen dan pesawat sebesar 140 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ujarnya saat laporan pembukaan Posko Angkutan Lebaran 2022, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Penerapan Ganjil Genap Saat Arus Mudik Lebaran

Sementara itu, jika dibandingkan dengan pergerakan harian selama April 2022, diperkirakan akan ada kenaikan penumpang pesawat sebesar 70 persen dan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 30 persen.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bali merupakan tujuan utama bagi pemudik menggunakan jalur udara.

Oleh karenanya, dia meminta operator Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk bersinergi dengan instansi terkait dalam memantau kemungkinan kedatangan pemudik di bandara tersebut.

"Jadi kalau udara yang paling favorit itu ke Bali. Kita lihat sebelumnya pergerakan di Bali relatif sedikit tapi ini akan ada peningkatan yang signifikan. Tolong persiapkan dan pimpin," ujarnya kepada Otoritas Bandara Wilayah IV.

Hal ini dapat terlihat dari penerbangan domestik mencapai di atas 120 pergerakan per hari baik datang maupun pergi dari bandara. Dengan jumlah penumpang lebih dari 14.000 orang per hari.

Sementara, untuk penerbangan internasional, saat ini mencapai 20 pergerakan per hari baik datang maupun pergi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Dengan rata-rata penumpang lebih dari 40.000 penumpang.

Baca juga: Mudik Lebaran, Volume Lalu Lintas Melalui Bandara Soekarno-Hatta Meningkat 10,81 Persen

Bahkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah menambah kapasitas penerbangan dengan menambah 232 penerbangan tambahan (extra flight) untuk penerbangan 25 April sampai 10 Mei 2022 sehingga menambah kapasitas 42.456 kursi.

Penerbangan tambahan ini paling banyak untuk melayani rute penerbangan Jakarta-Denpasar-Jakarta, Denpasar-Jogjakarta, Denpasar-Surabaya, dan Denpasar-Lombok-Denpasar.

"Denpasar-Cengkareng kapasitasnya ekstra yang disediakan mencapai 44 persen," ucap Eka

Untuk periode mudik Lebaran 2022 ini pihaknya telah melakukan pengawasan ramp check di mana 40 pesawat telah dalam kondisi laik terbang.

Kemudian, pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk sekitar 438 orang di mana sebagian besarnya merupakan pelaku perjalanan yang melakukan vaksinasi booster.

Baca juga: Warga Jawa Barat Diminta Mudik Lebih Awal, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com