Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran 2022, Traveloka Catat Kenaikan 100 Persen dari Penjualan Tiket Pesawat

Kompas.com - 26/04/2022, 11:20 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perusahaan Online Travel Agent (OTA) Traveloka mencatatkan kenaikan 100 persen pada penjualan tiket pesawat untuk menjelang libur Lebaran 2022.

Iko Putera, CEO Transport, Traveloka mengatakan, awal tahun ini terlihat tren perjalanan sudah mulai bangkit. Hal ini dimulai dengan tradisi mudik Lebaran yang akhirnya bisa kembali dijalankan di tahun ini.

“Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran (naik) mencapai 100 peren jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi),” kata Iko Putera, CEO Transport, Traveloka melalui siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Cerita Kartini Zaman Now Hayyu Luthfi Jadi Data Analyst Traveloka: Kini Bidang IT Bukan Hanya untuk Laki-laki...

Dia bilang, antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik juga terlihat dari meningkatnya pemesanan moda transportasi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.

Sebelumnya, data Litbang Kementerian Perhubungan, juga memprediksi 85 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022 nanti.

“Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62 persen dibandingkan dua bulan sebelumnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan untuk membolehkan mudik,” jelas dia.

Baca juga: Traveloka Gandeng Bank Jago Salurkan Kredit Lewat Traveloka PayLater

Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, Iko memperkirakan jumlah pemudik di tahun ini bisa mencapai 112 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019.

“Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com