Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ungkap Rencana Pertemuan Elon Musk dan Jokowi

Kompas.com - 26/04/2022, 21:12 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap rencana peretemuan antara CEO Tesla Inc Elon Musk dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut menjelaskan, pertemuan tersebut direncanakan berlangsung pada 14 Mei 2022 mendatang, saat kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat.

“Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX,” ujar Luhut, dikutip dari akun Instagramnya pada Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Elon Musk Sambut Luhut di Pabrik Tesla, Bahas Baterai Kendaraan Listrik hingga Wacana Jokowi Kunjungi Space X

Luhut mengaku juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti.

“Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik,” jelas Luhut.

Luhut sendiri baru saja bertemu langsung dengan Elon Musk Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengaku tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh Elon Musk.

Baca juga: Luhut Sebut Bloomberg dan Google Puji Indonesia soal Perkembangan Energi Bersih

“Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan,” ungkapnya.

Selama kurang lebih satu jam, ia menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral.

“Menurut asisten Elon, tidak biasanya ia menerima tamu seperti kali ini. Antusiasme dan ketertarikan saya lihat dari wajahnya,” bebernya.

Ia pun sempat penasaran mengapa Elon yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa “policy” terkait industri “electric vehicle” dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat.

Baca juga: Elon Musk Beli Twitter, Harga Dogecoin Menguat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com