Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Jakarta-Cikampek Bakal Padat, Pemerintah Imbau Pemudik Manfaatkan Jalur Pantura dan Pansela

Kompas.com - 27/04/2022, 05:16 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memprediksi Tol Jakarta-Cikampek akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik, yaitu di H-4 atau 28 April 2022.

Oleh karena itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal atau memanfaatkan jalur pantai utara Jawa (Pantura) dan jalur pantai selatan Jawa (Pansela).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, beberapa hari terakhir pergerakan kendaraan di Jabodetabek naik 5 persen. Sementara kendaraan yang mengarah ke timur seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah naik sekitar 11 persen.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal," ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Ini Produk Sawit yang Dilarang Diekspor oleh Jokowi

Dia menjelaskan, untuk mengendalikan pergerakan lalu lintas, sudah disiapkan 4 skema rekayasa lalu lintas, yakni contra flow, one way, ganjil genap, dan pembatasan truk sumbu tiga

Pasalnya, tata kelola lalu lintas menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan mudik tahun ini. Adapun animo masyarakat yang akan mudik sangat tinggi, bahkan diprediksi melebihi jumlah pemudik pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.

"Rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way akan diberlakukan di tanggal 28-30 April 2022. Untuk itu, yang mau mudik ke Jateng dan Jatim agar secepatnya mudik sehingga tidak membebani jalan di hari puncak," ucapnya.

Baca juga: INFA Siapkan 53 Kapal Ferry untuk Layani Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau pemudik untuk menggunakan beberapa jalur alternatif selain jalan tol. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah pos pelayanan disejumlah titik yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat sejenak.

"Kami akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari kepadatan di hari puncak,” kata Listyo.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemudik dapat menggunakan jalur selatan Jawa, melewati Subang, Garut, Pangandaran, Sukabumi, sampai pacitan.

“Kondisi jalan bagus dan instagramable,” kata Basuki.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Penerapan Ganjil Genap Saat Arus Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com