Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketentuan Melintasi Jalan Tol Gratis di Sumatera untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/04/2022, 18:12 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis

KOMPAS.com – Terdapat 2 ruas tol baru di Sumatera yang dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis pada masa mudik Lebaran 2022.

Ruas baru tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yakni Tol Pekanbaru – Pangkalan khusus seksi Pekanbaru - Bangkinang (31 Km) dan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu khusus seksi Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 Km).

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro menyampaikan bahwa fungsional kedua ruas tol tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik di tahun ini.

Baca juga: Daftar Rest Area Tol Trans Jawa yang Dilengkapi SPBU

“Kami mengoptimalkan pelayanan di ruas-ruas yang telah beroperasi secara penuh dan di tahun ini kami akan membuka secara fungsional dua ruas baru di Jalan Tol Trans Sumatera yakni Tol Pekanbaru – Bangkinang dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung,” terang Koentjoro dalam keterangan resminya, dikutip pada Rabu (27/4/2022).

Sebelumnya, sebagai upaya Perusahaan untuk mempersiapkan secara fungsional dua ruas tol tersebut, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 – 14 April 2022 di Tol Bengkulu – Taba Penanjung dan peninjauan langsung oleh Konsultan PMO untuk Tol Pekanbaru – Bangkinang.

“Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru – Bangkinang dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau,” tandas Koentjoro.

Baca juga: Pahami Batas Kecepatan Mobil di Jalan Tol agar Tidak Kena Tilang

Jadwal pembukaan tol gratis di Sumatera

Kedua ruas tol fungsional tersebut dibuka satu arah mulai arus mudik pada H-7 Lebaran pada Selasa (26/4/2022) dan arus balik sampai H+7 pada Senin (9/5/2022).

Untuk arus mudik, Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB fungsional dari arah Pekanbaru menuju ke arah Bangkinang.

Sedangkan pada arus balik, dibuka bagi kendaraan dari Bangkinang ke arah Pekanbaru. Kemudian untuk Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Simak Perincian Tarif Tol Bakauheni-Palembang Terbaru

Syarat melintasi tol gratis di Sumatera

Adapun kedua ruas tol tersebut diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil (Golongan I) atau mobil pribadi untuk mudik Lebaran 2022.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Mengingat kedua ruas tol belum diberlakukan tarif, para pengguna jalan tol harus tetap melakukan tapping menggunakan kartu elektronik untuk dapat melintas di ruas tol tersebut, dan satu kartu hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan.

Selain itu, Hutama Karya mengimbau bagi pengguna jalan untuk memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan di ruas tol fungsional yakni 60 Km/jam.

Pengendara juga harus mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Baca juga: Jadwal One Way dan Ganjil Genap Mudik 2022 di Tol Trans Jawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com