Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Pangan Klaim Stok Daging Sapi Aman dan Harga Stabil Jelang Idul Fitri

Kompas.com - 27/04/2022, 19:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memastikan stok daging sapi aman dan harga stabil mendekati Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Jelang Lebaran, dari pantauan harga daging sapi segar secara nasional stabil di kisaran Rp 115.000 - Rp 150.000 per kilogram, bahkan rata-rata harga daging segar di tingkat konsumen secara nasional stabil di harga Rp 134.863 per kilogram, per 26 April 2022," ujar Arief dalam siaran resminya, Rabu (27/4/2022).

Arief menuturkan pihaknya telah melakukan strategi untuk menyikapi stabilisasi harga daging dengan menyediakan pilihan alternatif seperti daging sapi beku dan daging kerbau beku yang masih relatif stabil juga harganya yakni kisaran Rp 80.000 - Rp 95.000 per kilogram.

“Jadi masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan daging kerbau beku," ungkapnya.

Baca juga: Harga Daging Sapi Naik Jadi Rp 148.205 Per Kilogram, Simak Harga Sembako Hari Ini

Menurutnya, sebagai upaya menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022 ini, Badan Pangan Nasional bersama Kementerian BUMN dan PT Berdikari Member of ID FOOD memastikan stok daging dan harga dengan meninjau secara langsung sentra daging di beberapa lokasi Jakarta lantaran DKI Jakarta merupakan wilayah konsumsi daging tertinggi di Indonesia.

“Kita pantau terus untuk memastikan stok daging ada dan harga juga stabil. Pemantauan harga daging secara langsung ini dapat dilakukan rutin bersama BUMN Pangan agar masyarakat terpenuhi kebutuhannya," katanya.

Baca juga: Jappdi Prediksi Harga Daging Sapi Tembus Rp 200.000 per Kilogram Hingga Lebaran

Sementara itu, Direktur Utama PT Berdikari member of ID FOOD, Harry Warganegara mengatakan, pihaknya tengah memperkuat jaringan distribusi daging dengan memperluas pasokan untuk menyuplai daging sapi, diantaranya Jaringan LotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Fresh Mart, hingga Mitra reseller daging Perorangan serta sentra - sentra Gerai Daging Berdikari.

"Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari yang menerima penugasan daging sapi Brazil dari pemerintah sebanyak 20.000 MT di 2022, memperluas jaringan distribusi daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market, pasar basah , e-commerce dan jaringan gerai daging Berdikari,” kata Harry.

Diakuinya, dengan langkah taktis memperluas jaringan distribusi daging sapi, saat ini Berdikari secara rutin telah memasok hingga 36 ton per bulan daging sapi, baik daging beku maupun daging dari sapi hidup ke sentra daging Mitra penjualan dan jaringan gerai daging Berdikari.

Harry menambahkan sebagai upaya memenuhi pasokan daging sapi, Berdikari juga turut mengoptimalkan produksi sapi peternak lokal dengan memobilisasi sapi bakalan dari peternak di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat, serta mendatangkan sapi bakalan dari Australia pada awal April lalu, sehingga total sapi hidup siap potong saat ini berjumlah 1.481 ekor untuk memenuhi kebutuhan HBKN 2022 dan selalu dipastikan tersedia dengan perputaran sapi hidup rata rata 3.000-an ekor per bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com