Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Jasa Marga Ini Bakal IPO pada 2023

Kompas.com - 28/04/2022, 05:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memastikan rencana pemisahan (spin off) Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad yang kemudian dialihkan ke PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), akan terlaksana. Hal ini usai disetujuinya aksi korporasi tersebut oleh para pemegang saham dalam RUPST.

Nantinya, setelah dilakukan pemisahan maka Jasa Marga akan melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) pada anak usahanya itu, PT JTT, yang ditargetkan terealisasi pada kuartal I-2023.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mengatakan, spin off merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan pelat merah. Penandatanganan akta spin off pun ditargetkan dilakukan pada 1 Juli 2022 mendatang.

Baca juga: Tahun Ini Jasa Marga Tidak Bagi Dividen, Kenapa?

"Kami akan menandatangani akta pemisahan yang pemisahan rencananya tanggal 1 Juli 2022," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad sendiri mengelola 13 ruas tol Trans Jawa. Rinciannya, sebanyak 4 ruas merupakan segmen operasi yang terdiri dari Tol Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang ABC, dan Surabaya-Gempol.

Lalu 9 ruas lainnya dikelola oleh BUJT yaitu Tol Jakarta-Cikampek (Elevated), Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono-Kediri, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, dan Pandaan-Malang.

"Saat ini kepemilikan sahamnya memang masih ada di Jasa Marga. Nantinya akan dialihkan ke PT JTT, di mana porsi kepemilikan Jasa Marga di PT JTT sebanyak 99 persen," jelas Reza.

Adapun nilai dari total aset yang dialihkan ke PT JTT mencapai Rp 16,347 triliun, berdasarkan laporan keuangan hingga 31 Desember 2021. Nilai itu mencapai sepertiga dari total aset keseluruhan perseroan.

"Tapi pada saat nanti dialihkan tentunya nanti akan disesuaikan lagi berdasarkan nilai buku tanggal 30 Juli 2022," imbuhnya.

Setelah spin off rampung maka Jasa Marga akan fokus untuk IPO PT JTT. Menurutnya, aksi korporasi ini dilakukan bagian dari upaya mencari pembiayaan secara mandiri sehingga menjadi nilai tambah bagi perseroan.

"Untuk waktu pelaksanaannya (IPO) di awal 2023, kami masih berupaya agar nanti bisa terealisasi kurangpllebih di kuartal I-2023," pungkas Reza.

Baca juga: Call Center Tol Jakarta-Merak, Pelabuhan Merak dan Nomor Penting Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com