Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triwulan I 2022 Bank BJB Raup Laba Rp 738 Miliar

Kompas.com - 28/04/2022, 17:00 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) mencatatkan kinerja positif pada triwulan I tahun 2022 berkat kolaborasi serta inovasi digitalisasi.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, bank bjb meraup laba sebesar Rp 738 Miliar atau tumbuh 28,6 persen year on year (yoy).

"Hal ini salah satunya berkat kenaikan fee based income yang juga tumbuh 43,7 persen yoy menjadi Rp 372 miliar," ujar Yuddy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Rights Issue Bank BjB Direspons Positif di Tengah Pandemi

Begitupun dengan aset bank bjb tumbuh 16,6 persen menjadi Rp 167,4 triliun pada triwulan I 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 143,6 triliun.

Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) bank bjb tumbuh 15,9 persen yoy menjadi Rp 128,3 triliun dibanding periode yang sama tahun 2021.

Jumlah tersebut tumbuh di atas rata-rata industri perbankan yang hanya berada di level 12,1 persen. Penopang utama DPK bank bjb disumbang melalui kenaikan tabungan, giro, dan deposito.

Baca juga: Ini Beberapa Saham Perbankan yang Layak Dikoleksi Menjelang dan Sesudah Lebaran 2022

Bank bjb juga berhasil menyalurkan pembiayaan Rp 105,1 triliun atau tumbuh 8,3 persen atau tumbuh di atas rata-rata industri perbankan yang hanya berada di level 5,8 persen.

Bahkan kualitas kredit dapat terjaga baik dengan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) turun dari 1,4 persen menjadi 1,2 persen.

"Bank bjb akan memanfaatkan momentum kinerja positif di triwulan pertama untuk terus meningkatkan kinerja positif di triwulan selanjutnya selama tahun 2022 ini," kata Yuddy.

Baca juga: Program Pembiayaan Hijau, Wujud Nyata Sektor Perbankan dalam Membangun Masa Depan Berkelanjutan

Kinerja positif yang diraih bank bjb dalam beberapa tahun terakhir, membuat peringkat pengelolaan keuangan juga ikut terkerek.

Paling anyar, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat bank bjb dan Obligasi Berkelanjutan I/2017 dari “idAA-” menjadi “idAA”, dengan outlook “stabil”.

Kenaikan peringkat itu mencerminkan bank bjb konsisten meningkatkan kinerja keseluruhan selama beberapa tahun terakhir. Terutama saat pandemi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com