Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Air Buka Penerbangan Jakarta-Bali, Berapa Harga Tiketnya?

Kompas.com - 29/04/2022, 08:00 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Air Service resmi melayani penerbangan reguler untuk pertama kalinya dengan melayani rute Jakarta dari Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Penerbangan reguler perdana tersebut lepas landas pukul 09.20 WIB dan tiba pukul 12.10 WITA dan rute kedua dengan destinasi sebaliknya yaitu Jakarta - Bali pada pukul 14.55 WITA dan tiba pukul 15.45 WIB.

Saat ini, rute dan jadwal penerbangan Pelita Air baru memiliki frekuensi 1 kali per hari menggunakan pesawat tipe Airbus A320-200.

Lalu berapa harga tiket yang dijual Pelita Air?

Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan menyatakan, ada 109 penumpang yang diangkut pesawat tersebut. Mereka membeli tiket seharga Rp 1,68 juta untuk sekali jalan, dengan tujuan Bali di momen arus mudik lebaran ini.

Baca juga: Diduga Terima Duit Suap dari Bupati Bogor, Berapa Gaji Pegawai BPK?

Harga tiket tersebut memang berlaku untuk masa mudik Lebaran, sehingga untuk tiket yang dijual di luar periode mudik, bisa saja harganya lebih rendah lagi.

"Hari ini load 109 penumpang, lumayan animonya. Meski belum 100 persen, karena ini kan baru perdana. Hari ke depan akan semakin tinggi," kata Dendy dikutip dari Kompas TV, Jumat (29/4/2022).

Di tahap awal, Dendy menargetkan Pelita Air mengisi kekosongan kapasitas penerbangan yang berkurang di tengah pandemi Covid-19. Ia yakin Pelita Air mampu bersaing karena memberikan harga tiket yang kompetitif.

"Kita akan berikan kapasitas dengan harga terjangkau. Karena ini kan lebaran kekurangan kapasitas," ucapnya.

Baca juga: India Kalang Kabut Gara-gara Jokowi Larang Ekspor CPO

Menurutnya, langkah Pelita Air dalam penerbangan regular berjadwal tersebut tidak terlepas dari dukungan para pemangku kepentingan. Salah satunya setelah kondisi keuangan BUMN penerbangan lainnya, Garuda Indonesia nyaris bangkrut.

“Saya mengajak semua pihak terkait untuk sama-sama mendukung dan memajukan Pelita Air, sehingga Pelita Air dapat terus berkembang untuk memberikan kontribusi signifikan pada industry penerbangan nasional,” ucapnya.

Tidak mengulasi kesalahan Garuda

Menteri BUMN Erick Thohir juga meminta Pelita Air jadi salah satu tulang punggung penerbangan domestik, mengingat pasar Indonesia sangat besar.

"Saya meminta dan mengharuskan Pelita Air ini adalah yang akan menjadi salah satu tulang punggung pembangunan domestic flight," ujarnya.

Baca juga: Kartu Chip BCA: Jenisnya dan Cara Menggantinya dari Kartu Lama

Alasannya, potensi bisnis pada penerbangan domestik di Indonesia sangat tinggi sehingga pemerintah ingin Pelita Air khusus menjadi maskapai penerbangan domestik.

"Kalau ada (minta) izin internasional jangan dikeluarin. Ini untuk domestik, kita jangan out of focus. Market-nya besar, tapi kita tidak memprioritaskan," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com