Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Panjang, Mengapa Kebijakan Tarif Tol Gratis Tidak Diberlakukan?

Kompas.com - 29/04/2022, 18:47 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan tarif di tol gratis saat terjadi kemacetan panjang di jalan tol belum diterapkan. Padahal kemacetan di jalan tol saat mudik Lebaran 2022 lebih dari 1 kilometer.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kebijakan tarif tol gratis bakal diterapkan jika kemacetan terjadi persis di pintu tol. Menurutnya, kemacetan yang belakangan terjadi seperti di Tol Cipali disebabkan adanya kepadatan kendaraan di rest area.

"Sampai saat ini diskresi itu belum diimplementasikan, karena dilihat bahwa kejadian kemacetan ini lebih banyak terjadi akibat limpahan dari beberapa hambatan di ruas-ruas tol yang ada di depan," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Ini Titik Rawan Macet di Tol Jagorawi Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

"Seperti yang terjadi di Cipali kemarin, terjadi hambatan karena padatnya rest area hingga ke bahu jalan, dan menyebabkan kemacetan yang mengekor sampai ke Cikampek. Ini bukan terjadi di tempat pembayaran sebenarnya tapi karena limpahan dari kemacetan yang ada di depan," lanjut Adita.

Ia menjelaskan, kemacetan di pintu tol yang memungkinkan tarif tol digratiskan biasanya disebabkan oleh adanya kendaraan dengan saldo kartu e-toll yang tidak mencukupi, atau adanya permasalahan pada mesin pembaca kartu e-toll.

Selain itu, bisa juga diisebabkan karena tidak ada atau kurangnya petugas yang diturunkan untuk mengatasi kepadatan pintul tol sehingga terjadi kemacetan panjang. Kendati demikian, keputusan pemberlakukan tarif tol gratis diterapkan sesuai diskresi pihak Kepolisian.

Baca juga: Cegah Penumpukan Kendaraan, Menhub Minta Sistem First In First Out Diterapkan di Pelabuhan Merak

"Ketika itu terjadi, termasuk saat pintu tol tidak dibuka secara lengkap meskipun antreannya sudah sangat panjang. Ini kan adalah hal-hal yang seharusnya bisa diatasi oleh operator. Nah ini yang kemudian dimaksud, ketika ini terjadi maka sangat memungkinkan diberlakukan gratis biaya tol. Tapi balik lagi ini adalah diskresi pihak Kepolisian," papar dia.

Adita menekankan, saat ini kebijakan tarif tol gratis tidak diterapkan karena sejauh ini operatol tol dinilai mampu untuk melakukan berbagai upaya agar tidak terjadi kepadatan panjang di gerbang tol.

"Jadi diskresi tentang penggratisan tol ini belum juga dilakukan, karena dilihat dalam hal ini operator masih melakukan upaya yang maksimal untuk memperlancar pembayaran di gerbang tol," pungkasnya.

Baca juga: Hingga H-4 Lebaran, 1,1 Juta Pemudik Mulai Tinggalkan Jabotabek Lewat Tol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com