Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Kembali Berangkatkan Mudik Gratis via Kapal Laut

Kompas.com - 29/04/2022, 22:01 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali memberangkatkan pemudik sepeda motor secara gratis melalui kapal laut, pada Jumat (29/4/2022) malam ini.

Kali ini, peserta mudik gratis akan diangkut menggunakan KM Ciremai. Ini merupakan program Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub bersama PT Pelni.

Sesuai jadwal, direncanakan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi akan melepas keberangkatan kapal KM Ciremai dari pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Malam Ini dan Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

Masyarakat pengguna sepeda motor yang hendak melaksanakan perjalanan arus mudik atau balik diharapkan dapat memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto mengatakan salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

"Untuk malam ini, keberangkatan naik kapal KM. Ciremai yang saat ini kuotanya masih ada. Silakan saja masyarakat yang berminat untuk segera mendaftar langsung di terminal penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan membawa persyaratannya," ujar Capt Mugen dalam keterangannya.

Adapun kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang. Data posko mudik gratis hari ini (29/4/2022) pukul 10.00 WIB jumlah pemudik yang mendaftar online tercatat sebanyak 907 unit sepeda motor dan 1.985 orang dan yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 825 unit sepeda motor dan 1.877 orang.

Baca juga: Ini Daftar Nomor Telepon Penting saat Mudik Lebaran 2022

Capt Mugen mengungkapkan antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 jam 22.00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 jam 17.00 WIB dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17.00 WIB.

"Untuk info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151 ," tutup Capt Mugen.

Sebelumnya, sebanyak 1.109 orang penumpang kapal KM Dobonsolo termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya telah diberangkatkan pada 26 April lalu.

Baca juga: Gelar Mudik Gratis, MS Glow Berangkatkan 10 Bus

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com