Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 di Tol Trans-Jawa Sudah Terlewati

Kompas.com - 30/04/2022, 14:08 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus mudik Lebaran tahun 2022 yang melalui jalur Tol Trans-Jawa disebut sudah terlewati pada Jumat (29/4/2022), atau H-3 Lebaran.

Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Cucu Mulyana mengatakan, hal itu merupakan kesimpulan dari pantauan lapangan sejak H-10 Lebaran.

Berdasarkan hasil pantauan tersebut, Jumat kemarin menjadi hari dengan kendaraan paling banyak melalui Tol Trans-Jawa, yakni sekitar 105.000 kendaraan.

"Memang prediksi H-3 puncak (arus mudik) sudah tercapai, mudah-mudahan kemarin sudah tercapai, kemarin sudah hampir di angka yang melewati Trans-Jawa itu 105.000 kendaraan," ujar Cucu, dalam acara live MNC Trijaya, Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Contraflow dan One Way Kembali Diberlakukan, Ini Lokasinya

Lebih lanjut, Cucu bilang, angka kendaraan tersebut sudah lebih tinggi dibanding jumlah kendaraan pada puncak arus mudik Lebaran 2019, yakni sebanyak 103.000 kendaraan.

Adapun secara total, Kemenhub mencatat, jumlah kendaraan yang melalui Tol Trans-Jawa sejak H-10 sampai H-3 Lebaran tahun ini telah mencapai sekitar 477.00 kendaraan.

Angka tersebut lebih tinggi dari perhitungan awal Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, di mana selama periode mudik Lebaran 2022 diproyeksi akan ada sekitar 450.000 kendaraan yang melalui Tol Trans-Jawa.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memproyeksi, puncak arus mudik Lebaran melalui Tol Trans-Jawa sudah terlewati.

Oleh karenanya, pergerakan kendaraan melalui Tol Trans-Jawa pada hari ini dan Minggu (1/5/2022) besok diproyeksi lebih lengang dibanding kemarin.

"Kita perkirakan yang belum mudik sekitar 20 persen, ini akan berangkat hari ini dan besok. Tetap kemarin puncaknya. Minggu akan lebih landai lagi," ucap dia.

Baca juga: Posko Mudik Ini Sediakan Layanan Kesehatan hingga Servis Motor Pemudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com