Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Layani 2,13 Juta Penumpang Selama Mudik Lebaran 2022, Paling Banyak di Bandara Soetta

Kompas.com - 04/05/2022, 18:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat terdapat 2,13 juta penumpang di 20 bandara yang dikelolanya selama mudik Lebaran 2022, yaitu 22 April hingga 3 Mei 2022.

Pada H-10 hingga hari kedua Lebaran 2022 tersebut, jumlah pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan.

Dari 20 bandara tersebut, jumlah penumpang terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan.

Baca juga: Soal Video Penumpang Membeludak di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Kata AP II

Adapun lima besar destinasi penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta pada periode tersebut adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya dan Pontianak.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II berjalan lancar.

Meskipun hal ini menjadi tantangan bagi AP II dan stakeholder karena dua tahun sebelumnya tidak ada penyelenggaraan mudik Lebaran sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Namun, AP II dan para pemangku kepentingan dapat berkolaborasi sehingga pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar dan kini bersiap menyambut arus balik.

"Kolaborasi yang erat antara AP II, regulator, maskapai, ground handling, penyedia jasa navigasi penerbangan, TNI dan Polri, serta pemangku kepentingan lainnya menjadi faktor kesuksesan seluruh bandara AP II dapat melayani pemudik dengan baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Hingga H-4 Lebaran, AP II Catat Penumpang Pesawat Capai 1,08 Juta Orang

Realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.

"Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi Covid-19," tuturnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Makin Mahal gara-gara Avtur Naik, AP II Janji Tingkatkan Pelayanan Bandara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com