Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Internasional Terus Bertambah, AP I Optimistis Jumlah Penumpang Akan Meningkat

Kompas.com - 06/05/2022, 10:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat jumlah pergerakan penumpang dan pesawat rute internasional terus menunjukkan tren peningkatan.

Peningkatan ini terjadi sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 3 Februari 2022 silam.

Pada periode 1-30 April 2022 jumlah penumpang rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Bali tercatat mencapai 114.537 penumpang atau meningkat hingga 232 persen dibandingkan pada bulan Maret yang melayani 34.398 penumpang.

Sedangkan untuk trafik penerbangan pada periode 1-30 April mencapai 610 pergerakan pesawat atau turun 3 persen jika dibandingkan pada bulan Maret yang melayani 634 pergerakan pesawat.

Baca juga: H-7 hingga H-3 Lebaran, Jumlah Penumpang AP I Meningkat 2.076 Persen Dibanding Tahun Lalu

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, sebagai pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai, AP I optimistis trafik penumpang dan penerbangan rute internasional akan semakin meningkat di kuartal kedua tahun 2022.

Hal ini seiring dengan bertambahnya 8 rute penerbangan internasional yang beroperasi secara reguler dari 5 maskapai internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 1 dan 2 Mei lalu, yaitu Indonesia AirAsia, Cebu Pacific, Thai Airways, Emirates, dan Jetstar Airways.

Penambahan rute ini sekaligus membuat Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali saat ini melayani total sebanyak 17 rute internasional dari 17 maskapai.

"Angkasa Pura I menyambut baik semakin bertambahnya penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dari maskapai Indonesia AirAsia, Cebu Pacific, Thai Airways, Emirates dan Jetstar Airways yang beroperasi di awal bulan Mei ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: AP I Sambut Kedatangan 2 Maskapai Baru yang Layani Penerbangan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com