Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Jamin Ketersediaan Stok BBM Darat, Laut dan Udara untuk Arus Balik Mudik Lebaran

Kompas.com - 06/05/2022, 11:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) aman pasca lebaran Idul Fitri 2022 (1443 H). Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan, masyarakat yang melakukan arus balik mudik tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan bahan bakar.

Dia bilang, Ketua Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) Pertamina 2022 telah mempersiapkan kebutuhan bahan bakar untuk menghadapi arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

“Dari pantauan di lapangan, semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) siap dengan ketersediaan BBM yang dinilai dalam kondisi aman. Kami sudah lakukan pengecekan mulai dari H+1 Lebaran dalam rangka persiapan arus balik,” ujar Mulyono dalam siaran pers, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Pertamina: Penjualan BBM Jenis Pertalite Tertinggi Saat Lebaran 2022

Dia mengatakan, para perwira (pekerja Pertamina) di lapangan dan SPBU yang ada di jalur mudik sepanjang pulau Jawa semua sudah siap dan memastikan ketersediaan bahan bakar untuk perjalanan arus mudik aman.

Mulyono menambahkan, pihaknya menerapkan kebijakan untuk memastikan setiap pom bensin tidak kekurangan bahan bakar. Adapun caranya adalah dengan memastikan stok minimum dalam tangki tanam di SPBU minimal dalam posisi 80 persen.

"Stok SPBU telah dijaga minimal 80 persen kapasitas tangki timbun, dan kami juga sudah siapkan SPBU kantong, yakni mobil tangki yang sudah terisis BBM yang siaga jika dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Jalur Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Siap Jadi Alternatif Arus Balik dari Bandung ke Jakarta

Untuk itu, Mulyono mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik mudik agar tenang dan tidak perlu khawatir akan kekurangan BBM di SPBU, saat puncak arus balik mudik yang diperkirakan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina telah memastikan stok BBM untuk arus balik aman. Tidak hanya untuk moda transportasi darat, namun juga untuk moda transportasi laut dan udara kami telah pastikan mencukupi," tegas dia.

Baca juga: 19 Investor “Bantu” Elon Musk “Beli” Twitter, Ada Investor-nya GOTO hingga Keluarga Raja Arab Saudi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com