Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Hari Ini

Kompas.com - 06/05/2022, 20:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) bersama kepolisian pada hari ini menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

Marketing and Communication Department Head JTTRD Tody Satria mengatakan, rekayasa ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikapek.

Baca juga: Puncak Arus Balik, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta

"Atas dikresi Kepolisian, Jasa Marga mendukung pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan tol," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Berikut rincian rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di jalan tol Jakarta-Cikampek beserta lokasi dan waktu penerapannya:

  1. Pemberlakuan one way dari kilometer (km) 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung jalan tol Batang-Semarang sampai km 47 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang semula telah dibuka pada pukul 14.00 WIB, saat ini dilakukan perpanjangan pemberlakukan one way dari km 428 jalan tol Semarang Seksi A,B,C sejak pukul 15.00 WIB.
  2. Contraflow dua lajur mulai dari km 47 sampai km 28+500 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah diberlakukan sejak pukul 14.27 WIB.
  3. Pemberlakuan kebijakan buka tutup secara kondisional di jalan tol Jakarta-Cikampek pada beberapa titik yaitu akses masuk arah Cikampek pada GT Bekasi Timur, GT Bekasi Barat, GT Cibatu, dan GT Cikarang Timur ditutup sejak pukul 10.55 WIB. Sedangkan akses masuk dan keluar GT Karawang Barat dilakukan penutupan sementara secara situasional sejak pukul 15.12 WIB.
  4. Kebijakan buka tutup sementara pada jalan tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional. Akses masuk portal jalan tol Layang MBZ dari arah Kalimalang, Jatiasih dan Jatibening arah Cikampek secara kondisional telah dilakukan penutupan sejak pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Kadin Nilai Rekayasa Lalu Lintas Perlu Diberlakukan Kembali

"Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, jaga jarak aman, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ucapnya.

Dia juga mengingatkan, masyarakat dapat menanyakan terkait informasi lalu lintas di jalan tol yang dikelola Jasa Marga melalui One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Baca juga: Rest Area Diberlakukan Buka-Tutup Selama Arus Balik, Terutama Saat One Way

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com