Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meroket, Jumlah Kunjungan Wisman ke RI Capai 74.383 Kunjungan pada Kuartal I-2022

Kompas.com - 09/05/2022, 15:15 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada periode tiga bulan pertama tahun ini mencapai 74.383 kunjungan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, angka tersebut mengalami kenaikkan sebesar 228,24 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Meskipun demikian, jumlah kunjungan wisman pada kuartal pertama tahun ini masih jauh lebih rendah dibanding periode sebelum pandemi Covid-19, atau kuartal pertama 2020.

Baca juga: Sandiaga Targetkan Wisman 2022 Capai 3,6 Juta Orang

Data BPS menunjukan, pada kuartal I-2020 jumlah kunjungan wisman mencapai 2,11 juta kunjungan.

"Apa yang dicapai Januari Maret tahun ini jauh lebih rendah dibandigkan kondisi 2020 yang saat itu tercatat 2.119.105 kunjungan, atau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang sudah hampir mencapai 3 juta," tutur Margo, dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5/2022).

Adapun jumlah kunjungan wisman pada kuartal I-2022 paling banyak terjadi pada Maret, dengan 40.790 kunjungan, naik 206,25 persen secara yoy.

Baca juga: Pelonggaran Aturan untuk Turis Asing, Operator Bandara Berharap Penumpang akan Kembali Meningkat

Jumlah kunjungan wisman pada Maret kemarin juga meningkat sebesar 121,02 persen dari bulan sebelumnya (month to month/mtm) dengan 18.500 kunjungan.

Walaupun kunjungan wisman berada dalam tren pertumbuhan, Margo menilai, sektor pariwisata masih perlu menjadi perhatian khusus, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Karena kunjungan wisman memberikan multiplier effect kepada ekonomi, kalau pariwisatanya pulih itu akan mempercepat pemulihan ekonomi yang ada di Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Sandiaga Uno: Bali Masih Top of Mind Wisman di Dunia!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com