Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 5 Kelebihan Layanan PayLater Berikut Ini

Kompas.com - 09/05/2022, 16:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PayLater adalah cara pembayaran yang ditawarkan suatu perusahaan kepada pengguna untuk memudahkan penggunanya. Secara ringkas, sistem PayLater memungkinkan seseorang untuk membeli barang kebutuhan dengan sistem pembayaran cicilan.

Pada dasarnya, PayLater merupakan sistem pembayaran yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan untuk melakukan pembayaran di bulan berikutnya dari waktu transaksi dilakukan.

Namun demikian, banyak pengguna yang belum dapat memahami fungsi dari layanan ini. Dengan kemudahan untuk menggunakan cicilan PayLater, bukan berarti kita jadi kehilangan kontrol untuk membeli barang apapun sesuai keinginan. Tetap ada risiko-risiko yang harus dipikirkan.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Risiko PayLater Berikut Ini Sebelum Mengaktifkannya

Untuk itu, seseorang perlu terlebih dahulu memahami apa sebenarnya fungsi dan kegunaan dari layanan keuangan satu ini.

Berikut ini adalah 5 kelebihan PayLater yang perlu diketahui masyarakat:

1. Memudahkan kegiatan transaksi

Dilansir dari Julo.co.id, PayLater dikatakan dapat memudahkan para pengguna untuk bertranskasi. Hal ini karena apapun jenis biaya yang harus dibayar, semua dapat dengan mudah dilakukan dengan PayLater. Apalagi saat ini hampir semua perusahaan menyediakan PayLater.

Kamu dapat menggunakan PayLater misalnya untuk membayar barang-barang kebutuhan rumah tangga, makanan, listrik, hotel, dan masih banyak lagi.

2. Membantu memenuhi kebutuhan pokok

Seperti prinsipnya, PayLater dapat meberikan pinjaman pada saat ini dan dibayar di bulan berikutnya. Cara ini membuat para pengguna yang tidak lagi memiliki saldo di tabungan jadi bisa membeli kebutuhan mereka terlebih dahulu. Pada keadaan-keadaan genting, tentu saja fungsi dari sistem pembayaran PayLater ini sangat berguna.

Baca juga: Paylater Makin Marak, Simak 5 Risiko Penggunaannya

3. Memberikan bunga yang rendah

PayLater juga dikenal memiliki fungsi sebagai sistem pembayaran yang memberikan cicilan dengan bunga rendah.

Sebagai contoh, andaikan kamu perlu membeli laptop untuk kebutuhan pekerjaan, tetapi tabungan dan gaji yang ada saat ini tidak bisa digunakan untuk membayar laptop tersebut sekaligus.

Dengan adanya PayLater, kamu jadi bisa membeli laptop dengan cicilan beberapa ratus ribu di setiap bulan dan tetap bisa membayar semua biaya keperluan per bulan.

4. Proses aktivasi mudah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com