Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Gelar Seleksi Terbuka 6 Jabatan Eselon I, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 10/05/2022, 11:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) membuka selekasi terbuka alias rekrutmen untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya atau sering disebut dengan Eselon I. Pendaftaran dibuka secara online dari 10-24 Mei 2022.

Ada enam posisi JPT Madya yang dibutuhkan yaitu Inspektur Jenderal (harus PNS), Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (PNS dan Non-PNS), Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (PNS dan Non-PNS), Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha (PNS dan Non-PNS), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan (PNS), dan Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan Keagamaan (PNS).

"Pelamar mendaftar secara online pada laman resmi pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Madya Kementerian Agama dengan alamat https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/. Pelamar yang dinyatakan selesai proses pendaftarannya adalah pelamar yang telah mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran online," ujar Ketua Panitia Seleksi (Pansel) yang juga Sekjen Kemenag Nizar Ali lewat keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Nizar menjelaskan, ada dua tahapan pada seleksi JPT Madya Kementerian Agama. Pertama, Seleksi Administrasi berupa seleksi dokumen persyaratan yang telah diunggah pelamar. Kedua, Seleksi Kompetensi, tahap ini hanya diikuti oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seleksi Kompetensi meliputi penulisan makalah, asesmen kompetensi, wawancara akhir, dan rekam jejak.

"Pelamar yang telah mengikuti seleksi kompetensi menyampaikan Surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan sehat kejiwaan dari dokter jiwa/psikiater serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium. Hasil Akhir Seleksi, merupakan pengumuman daftar tiga nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad," sambungnya.

Menyambung keterangan Nizar, Kepala Biro Kepegawaian Nurudin mengatakan, pelamar yang mendaftar seleksi terbuka JPT Madya Kemenag wajib mengunggah seluruh hasil scan dokumen persyaratan asli dalam bentuk file PDF maksimal 3MB per file sesuai dengan urutan. Panitia tidak menerima dokumen persyaratan dalam bentuk hardcopy.

"Hasil Seleksi Administrasi akan diumumkan pada 30 Mei 2022. Peserta yang lulus, harus mengikuti tahap penulisan makalah pada 2 Juni 2022," ucap Nurudin.

Lebih lanjut kata dia, untuk assesmen kompetensi akan digelar pada 7-10 Juni 2022. Adapun tahap wawancara akhir akan digelar pada 18-19 Juni.

Berikutnya hasil tes kesehatan diserahkan pada 22 Juni. Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada 27 Juni 2022.

Persyaratan dokumen untuk PNS

Berikut dokumen persyaratan yang harus di-upload bagi pelamar PNS

a. Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Agama yang ditandatangani pelamar di atas materai Rp 10.000;

b. Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);

c. Asli pasfoto berwarna terbaru berlatar belakang warna merah;

d. Asli Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang ditandatangani pelamar di atas materai Rp 10.000;

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com