Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Kembali Buka Program Beasiswa untuk Lulusan SMA/SMK, Berminat?

Kompas.com - 12/05/2022, 08:06 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA kembali membuka pendaftaran program beasiswa bagi bagi lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia, yang terbagi menjadi Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

Pendaftaran program beasiswa BCA yang telah digelar sejak 1996 itu akan dibuka dari tanggal 18 April hingga 15 September 2022 untuk batch I.

Kemudian, pengumuman peserta yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya akan dilakukan pada 31 Oktober 2022.

Baca juga: AS Buka 11 Juta Lowongan Kerja, RI Jajaki Kerja Sama Magang

Direktur BCA Lianawaty Suwono menjelaskan, selain proses tes kesehatan, seluruh proses tahapan beasiswa BCA akan digelar secara online.

"Beasiswa PPBP dan PPTI merupakan jembatan bagi BCA untuk terhubung dengan talenta muda Indonesia," ujar dia, dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, bagi peserta yang berhasil lolos dalam program beasiswa PPBP-PPTI, akan memdapatkan beasiswa secara penuh dan gratis selama program 2,5 tahun.

Selain itu, peserta juga mendapatkan uang saku setiap bulan dari bank swasta terbesar itu.

Lalu, BCA turut mendukung fasilitas pendidikan seperti buku, laptop (khusus PPTI), makan siang, asrama serta lingkungan pendidikan yang nyaman di BCA Learning Institute.

Selain mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesempatan magang, peserta juga mendapatkan kesempatan berkarir di BCA sebagai karyawan tetap.

Untuk dapat mengikuti program seleksi beasiswa BCA, calon peserta harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan, yakni sebagai berikut: 

Baca juga: Bank Muamalat Buka Lowongan Kerja, Ini Posisi dan Persyaratannya

Peserta merupakan individu yang memiliki semangat untuk terus belajar, berprestasi, menyukai tantangan dan mudah beradaptasi dengan hal baru.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia maksimum 19 tahun.  
  • Lulusan SMA/SMK atau siswa/siswi SMA/SMK yang akan berkuliah di tahun ajaran 2023.
  • Rata-rata nilai rapor kelas I s/d III minimal 7,50. 
  • Peserta PPBP harus memiliki rata-rata nilai per semester untuk Matematika (SMA IPA & IPS) atau nilai Produktif (khusus SMK) minimal 7,50.
  • Untuk peserta PPTI, harus rata-rata nilai per semester untuk Matematika (SMA IPA dan SMK yang berkaitan dengan teknik informatika) atau nilai produktif (SMK yang berkaitan dengan teknik informatika) minimal 7,50.
  • Seluruh calon peserta harus mengisi data diri, nilai rapor, dan dokumen lainnya melalui website resmi BCA.

"Seluruh proses seleksi beasiswa BCA tidak dipungut biaya, BCA turut menghimbau bagi seluruh calon peserta untuk senantiasa berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BCA dalam proses rekrutmen dan seleksi ini," ucap Lianawaty.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa tersebut, dapat mengakses informasi tahapan seleksi beasiswa secara lengkap di situs karir.bca.co.id/beasiswa-bca.

Baca juga: PT Traktor Nusantara Buka Lowongan Kerja, Berminat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com