Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar RUPST ABM Investama Bakal Tebar Dividen Senilai Rp 735 Miliar

Kompas.com - 12/05/2022, 12:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT ABM Investama Tbk (ABMM) akan menebar dividen kepada para pemegang saham senilai 50 juta dollar AS yang setara dengan Rp 735 miliar dari laba bersih tahun buku 2021.

Hal ini disepakati oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada Rabu (11/5/2022). Direktur ABMM, Adrian Erlangga mengatakan, pembagian dividen ini akan dilaksanakan pada 30 Juni 2022.

“Hasil RUPST, perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp 735 miliar yang ekivalen dengan 50 juta dollar AS, dan akan didistribusikan pada tanggal 30 Juni 2022,” kata Adrian secara virtual.

Baca juga: ABM Investama Dapat Perpanjangan Kontrak Tambang Senilai Rp 1,65 Triliun

Adrian mengatakan, dalam RUPST, para pemegang saham telah menyetujui laba bersih tahun lalu sebesar Rp 148 juta dollar AS, untuk tiga tujuan utama, yakni pembagian dividen, cadangan perseroan, dan pengembangan kegiatan perseroan.

“RUPST juga menyetujui penggunaan laba bersih tahun lalu sekitar Rp 148 juta dollar AS untuk tiga tujuan utama,” jelas dia.

Dari perolehan laba bersih tersebut, perseroan akan menyisihkan cadangan sebesar Rp 100.000 dollar AS, dan sisanya akan digunakan untuk pengembangan kegiatan usaha perseroan. Sementara untuk anggaran modal belanja atau capex, perseroan menetapkan sebesar 200 juta dollar AS, setara dengan Rp 2,9 triliun (kurs Rp 14.554 per dollar AS).

Baca juga: India Dilanda Tsunami Covid-19, Bagaimana Ekspor Batu Bara ABM Investama?

"Capex kita tahun ini diperkirakan akan berada di sekitar 200 juta dollar AS, untuk alat berat dan supporting equipment,” ujar dia.

Sebagai informasi, ABMM mencatatkan pertumbuhan pendapatan 68,5 persen di tahun 2021 sebesar 1,02 miliar dollar AS, dibanding tahun sebelumnya sebesar 606,40 juta dollar AS. Adapun laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yakni sebesar 148 juta dollar AS.

Baca juga: 10 Emiten Bagi-bagi Dividen Setelah Libur Lebaran, Cek Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com