Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Pelita Samudera Shipping Melonjak 289 Persen Menjadi Rp 144,5 Miliar Kuartal I-2022

Kompas.com - 12/05/2022, 17:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) mencatatkan pertumbuhan laba bersih pada kuartal I tahun 2022 sebesar 9,9 juta dollar AS atau melesat 289 persen menjadi 9,9 juta dollar AS yang setara dengan Rp 144,5 miliar (kurs Rp 14.588 pr dollat AS).

Meningkatnya laba bersih sekaligus menaikkan laba per saham menjadi Rp 28. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pendapatan usaha perseroan sebesar 26,8 juta dollar AS, untuk periode tiga bulan yang berakhir 31 Maret 2022 atau naik 31 persen yoy.

“Pertumbuhan pendapatan usaha ditopang oleh meningkatnya pendapatan dari sewa berjangka segmen kapal tunda dan tongkang dan kapal curah besar,” kata Direktur Utama PSSI, Iriawan Ibarat dalam public expose di Jakarta Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Cetak Pendapatan Rp 1,5 Triliun di Tahun 2021

Iriawan menjelaskan, imbas lonjakan harga komoditas internasional pada Kuartal I-2022 turut berkontribusi pada melambungnya pendapatan usaha, di antaranya karena adanya permintaan layanan angkutan komoditas yang tinggi.

Munculnya peraturan pemerintah Indonesia yang melarang ekspor batubara pada Januari 2022, berimbas pada menurunnya volumenya pengangkutan secara drastis. Namun, perseroan berhasil menghasilkan pendapatan usaha dan pemasukan lain.

Baca juga: Laba Bersih Pelita Samudera Shipping Melonjak 193 Persen pada Kuartal III-2021

Ini tercermin dari perolehan laba kotor 9,6 juta dollar AS dengan marjin laba kotor 36 persen. Sementara EBITDA Perseroan tercatat 11,9 juta, meningkat 78 persen (yoy), yang mewakili peningkatan marjin EBITDA sebesar 44 persen dari 33 persen tahun lalu.

“Pertumbuhan laba dan marjin laba kotor meningkat sebagian besar karena kinerja yang baik pada semua aset dengan biaya yang dapat dikelola. Kontribusi signifikan juga berasal dari pendapatan sewa berjangka, sekitar 64 persen ke pendapatan,” jelas dia.

Rasio Keuangan Perseroan sejauh ini berada pada kondisi baik, dengan kas dan setara kas sebesar 29 juta dollar AS. Dan untuk rasio Kewajiban terhadap Ekuitas sebesar 12 persen, lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 33 persen, berkat pelunasan pinjaman bank sebesar 10 juta dollar AS pada Januari 2022.

“PSSI sangat sehat secara keuangan dan bisa fokus untuk pengembangan usaha yang berkelanjutan,” tegas Iriawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com