Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bayar Iuran BPJS Bisa Autodebet di BSI

Kompas.com - 13/05/2022, 18:40 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI resmi masuk ke dalam daftar bank yang tersedia dalam fitur autodebet di BPJS Kesehatan.

Hal itu merupakan hasil kolaborasi antara BSI dengan BPJS kesehatan, di mana salah satu poin kerja sama antar keduanya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar mengatakan, fitur autodebet dapat memudahkan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, terutama untuk masyarakat Aceh yang sudah menerapkan Peraturan Daerah Qanun, sehingga hanya lembaga keuangan syariah yang bisa mengakomodir transaksi perbankan di provinsi tersebut.

Baca juga: Hingga Maret 2022, BSI Salurkan Pembiayaan Sebesar Rp 177,5 Triliun

“Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini, BSI menjadi satu-satunya bank syariah mitra BPJS Kesehatan yang dapat mengakomodir pembayaran iuran BPJS Kesehatan dengan autodebet,” kata Kokok Alun, dalam keterangannya, dikutip Jumat (13/5/2022).

Selain fitur autodebet, BSI dan BPJS Kesehatan juga melakukan kerja sama terkait payroll pegawai, pembiayaan Supply Chain Financing (SCF) ) kepada rumah sakit, pembayaran iuran BPJS melalui BSI Net & BSI Mobile.

Selain itu, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerja sama terkait pembiayaan Supply Infrastructure Financing (SIF) kepada kurang lebih 5.000 Klinik Swasta Pratama di seluruh Indonesia, pembiayaan mitraguna dari pegawai yang berpayroll di BSI.

"Dan pembayaran uang pensiun pegawai BPJS Kesehatan," kata Kokok Alun.

Asal tahu saja, pada kuartal I-2022 bank syariah terbesar itu membukukan laba bersih Rp 987,68 miliar atau naik 33,18 persen secara year on year (yoy).

"Raihan impresif itu sejalan dengan konsistensi BSI dalam membangun pondasi, tranformasi digital dan pengembangan ekosistem halal di Indonesia," ucap Kokok Alun.

Baca juga: Kode Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, BSI, BTN, dan Lainnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com