Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Adopsi Metaverse, JakLingko Gandeng WIR Group

Kompas.com - 17/05/2022, 16:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT JakLingko Indonesia bakal melakukan inovasi digital di sektor transportasi dengan mengembangkan bisnis ke dalam ekosistem metaverse. Hal ini dilakukan dengan menggandeng PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR).

Adapun metaverse merupakan platform berbasiskan teknologi AR, VR, dan AI yang mampu mewujudkan interaksi di dunia virtual yang unik, selayaknya urban lifestyle di kehidupan nyata.

Kerja sama keduanya pun ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin dan Komisaris Utama sekaligus Co-Founder WIR Group.

Baca juga: Luncurkan Program MigorRakyat, Mendag: Ini Bentuk Kepedulian Pengusaha untuk Rakyat

Kamaluddin mengatakan, kerja sama ini bertujuan menghadirkan layanan transportasi publik yang modern dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Menurutnya, inovasi ini memungkinkan pengguna transportasi umum di ibukota dan sekitarnya merasakan pengalaman baru dalam menggunakan moda transportasi terpadu.

“Platform metaverse akan menjadi terobosan inovatif bagi industri transportasi, melalui platform ini, para pengguna akan lebih merasakan pengalaman yang unik dan seru," ujarnya dalam acara penandatanganan MoU di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Kamaluddin mengungkapkan, bagi JakLingko, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital agar bisa menghadirkan layanan moda transportasi modern yang akan mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lain di dunia.

Ia bilang, seiring dengan terbangunnya moda transportasi publik modern yang kian terintegrasi serta tingginya percepatan masyarakat, maka tentunya harus diiringi dengan layanan transportasi yang maksimal.

Baca juga: Sun Life Indonesia Bayar Klaim Rp 498,7 Miliar Sepanjang 2021

“Kami yakin hadirnya JakLingko di metaverse dapat memberikan excellent service kepada masyarakat pengguna moda transportasi serta menjadikan kami lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dalam bidang transportasi Jakarta di masa depan," kata dia.

"Kami berharap teknologi metaverse akan mendukung Jaklingko selalu adaptif dan tanggap terhadap setiap perubahan teknologi di era digital saat ini, serta terus melakukan penyempurnaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” lanjut Kamaluddin.

Menurutnya, kerja sama ini juga menjadi langkah lanjut transformasi digital yang JakLingko lakukan setelah sebelumnya sudah mengadopsi beberapa inovasi. Seperti penyediaan aplikasi pembelian tiket secara online, penerapan sistem QRIS, dan penyediaan pilihan e-wallet lainnya yang dapat memudahkan pelanggan melakukan tap-in tap-out dengan QR code.

Selain itu, sudah menerapkan inovasi penyediaan rekomendasi rute tujuan tercepat maupun terhemat, dan mengetahui armada secara real time, serta integrasi dengan armada first mile-last mile (FMLM) seperti ojek/taksi online yang mengantar ke stasiun, halte terdekat, dan lainnya.

Baca juga: Ini Aplikasi untuk Membeli Minyak Goreng Rakyat Rp 14.000 Per Liter

Sementara itu, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group Daniel Surya mengatakan, kerja sama dengan Jaklingko membuktikan bahwa platform metaverse merupakan wahana penting bagi seluruh lini sektor bisnis dan lembaga apapun yang ingin mengembangkan visinya di era digital.

Metaverse memungkinkan berbagai pihak yang ingin melakukan lompatan dalam transformasi digital serta mendapatkan benefit dari penerapan teknologi tersebut,” ujar dia.

"Kami berharap kerja sama dengan Jaklingko akan menambah ragam sektor yang hadir dan memperkuat ekosistem meteverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse yang telah diterapkan negara-negara lain,” tutup Daniel

Baca juga: Nasabah AJB Bumiputera Minta BPA Utamakan Pembayaran Klaim Pemegang Polis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com