Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Platform Metaverse di Dunia Pendidikan, WIR Group Gandeng Cakap

Kompas.com - 19/05/2022, 20:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT WIR Asia Tbk (WIR Group) menandatangani nota kesepahaman dengan startup pengembang aplikasi edukasi teknologi yang fokus kepada dunia pendidikan, Cakap.

Nota kesepahaman ini menjadi titik awal kolaborasi untuk pengembangan platform metaverse di dunia pendidikan. Kolaborasi ini rencananya juga akan ditampilkan pada World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos.

"Kami akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan menunjukkan keunggulan teknologi metaverse yang kami kembangkan sebagai karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Ini sekaligus menandakan bahwa Indonesia mampu menciptakan peluang dan siap bersaing secara global dalam hal teknologi tinggi," ujar Direktur Utama WIR Group Michel Budi di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Tak Naikkan BBM, Menkeu: Kas Pertamina Sudah Defisit Rp 35,28 Triliun

Pada ajang WEF 2022 nanti, WIR Group akan menunjukkan dan mendemonstrasikan kepada para delegasi WEF purwarupa aplikasi teknologi metaverse untuk sektor pendidikan.

"Kami mengapresiasi Cakap sebagai platform e-learning yang berpikir strategis melalui kolaborasi dengan WIR Group untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pendidikan dua arah dengan pendekatan baru dan berbeda. Kami optimistis, teknologi metaverse bisa membantu pengembangan Pendidikan Indonesia bukan saja dalam hal efisiensi dan meberikan pengalaman baru, tetapi juga dalam menciptakan talenta-talenta berdaya saing global," tuturnya.

CTO dan Co-Founder Cakap Yohan Limerta mengatakan, kerja sama dengan WIR Group sejalan dengan visi Cakap untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, dapat diterima, dan terjangkau.

"Sebagai aplikasi pembelajaran dua arah yang pertama di Indonesia dan memiliki lebih dari 1 juta pengguna, Cakap sejauh ini telah memberikan pembelajaran bahasa asing maupun vokasi dengan menghubungkan siswa dan tutor melalui teks maupun video call," kata Yohan.

Baca juga: E-Toll Bakal Digantikan MLFF, BRI: Mempengaruhi Kinerja Brizzi

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi Nurul Ichwan dalam kesempatan itu menambahkan bahwa platform metaverse menawarkan sejumlah pengalaman baru dan peluang yang sebelumnya tidak terbayangkan. Metaverse dipercaya menjadi tren dan menjadi jawaban atas tantangan di era digital tanpa batas.

"Sudah seharusnya dunia pendidikan berada di garda depan dalam pengembangan teknologi ini. Kami percaya, dengan keahlian dan pengalaman WIR Group di bidang AR/VR, dan AI, dan berkolaborasi dengan Cakap akan menjadikan dunia pendidikan di Indonesia lebih interaktif dan efisien," ucapnya.

Baca juga: Tunda Rencana IPO 2 Anak Usaha, Pelindo: Kami Masih Punya Dana Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com