Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Tanpa Awak Akan Jadi Tulang Punggung Transportasi di IKN Nusantara

Kompas.com - 20/05/2022, 19:01 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan otonom atau kendaraan tanpa awak akan menjadi tulang punggung transportasi publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kendaraan tersebut akan menjadi bagian penting sistem transportasi cerdas yang menawarkan mobilitas layanan kepada masyarakat.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan kendaraan otonom tersebut bertujuan untuk menciptakan mobilitas perkotaan yang lebih aman dan efisien, menghilangkan kemacetan dan emisi gas rumah kaca, serta menyediakan mobilitas bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus.

"Kami ingin memiliki rute sesuai permintaan dan dinamis dari mobil tanpa awak kami daripada sistem bus yang terjadwal dengan rute tetap," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Keran Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka, Kemendag Cabut Permendag 22 Tahun 2022

Saat ini, Otorita IKN sedang mengembangkan masterplan Kota Pintar Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Intelligent transport system adalah salah satu fitur terpenting di kota pintar. Kami akan mengembangkan ITS yang mengimplementasikan IoT, menggunakan big data, dan menerapkan AI sebagai tulang punggung sistem. Kami bekerja sama dengan ITS Asia Pasifik, pusat keunggulan di universitas di seluruh dunia, dan industri dalam hal ini," ujarnya.

Perkembangan teknologi dan inovasi menurut Bambang, akan memainkan peran penting, tidak hanya dalam mengembangkan kota pintar sebagai salah satu solusi tantangan perkotaan, tetapi juga dalam menciptakan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi dan lingkungan.

Baca juga: LKPP Segera Terbitkan Aturan Pengadaan Barang Jasa Khusus IKN

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan rencana pembangunan sistem transportasi IKN yang akan pindah ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah berencanan membangun sistem transportasi yang cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan.

Persiapan pembangunan akan mulai dilakukan pada tahun ini. Ia bilang, Kemenhub telah menyampaikan kebutuhan penambahan anggaran untuk persiapan dan pembangunan sektor transportasi IKN tahun 2022 kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas. Adapun total kebutuhan pendanaannya mencapai Rp 582,6 miliar untuk tahun 2022.

Baca juga: Pembangunan IKN Nusantara Dimulai Tahun Ini, PLN Siapkan 2 Gardu Induk Mobile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com