Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Elon Musk Investasi di RI, Luhut: Tidak Semudah Menjentikkan Jari

Kompas.com - 23/05/2022, 19:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rencana investasi dari perusahaan milik Elon Musk masih akan membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

Hal ini Luhut ungkapkan mengingat hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dicapai antara Indonesia dengan pihak Tesla, Inc.

"Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan," katanya dalam siaran pers, Senin (23/5/2022).

Baca juga: 5 Hari di RI, Luhut Ungkap Tim Tesla Merasa Senang Saat Tinjau Pengelolaan Energi Karbon

Selama ini, kata Luhut, Kemenko Marves telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun belakangan baik dengan Elon Musk dan juga Tesla. Pendiri SpaceX tersebut, menurutnya, sangat tertarik untuk melakukan investasi terhadap industri nikel di Indonesia yang dinilai sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini bilang, sejak pertemuan delegasi Indonesia ke pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla di Austin, Texas, pada 26 April 2022, pihaknya dan tim dari Tesla terus melakukan negosiasi.

Hal itu dilakukan ntuk merumuskan berbagai hal terkait detil formula investasi yang akan dipakai. Namun demikian, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan.

Baca juga: Saat Perubahan Sikap Elon Musk Bikin Luhut Penasaran...

"Tim dari Tesla bergerak sangat cepat. Mereka sudah datang ke Indonesia awal bulan ini, mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel. Kita juga merespon dengan tidak kalah cepat untuk menunjukkan keseriusan dan support kita. Tapi yang harus diingat, ini masih dalam tahap negosiasi, jadi sekali lagi, semua harus bersabar," ucap Luhut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Mei 2022, telah bertatap muka langsung dengan CEO Tesla Inc, yang juga pendiri Space X, Elon Musk di Boca Chica, Amerika Serikat. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengundang orang terkaya di dunia itu datang ke Indonesia pada November nanti.

Untuk menghadiri forum The Business 20 atau B20 yang merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Merespon ajakan Jokowi, Elon Musk mengatakan akan mengupayakan berkunjung ke Tanah Air pada bulan tersebut.

Baca juga: Luhut Ungkap Rencana Pertemuan Elon Musk dan Jokowi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com